Keamanan Israel: Jalan Normalisasi dengan Saudi Masih Lama

Tel Aviv, MINA – Penasihat keamanan nasional Israel, Tzachi Hanegbi mengatakan jalan untuk mengadakan hubungan diplomatik dengan “masih lama”.

Menurut Hanegbi, anggota pemerintah sayap kanan menolak persyaratan apapun menyangkut sebagai bagian dari kesepakatan. Al Jazeera melaporkan, Senin (31/7).

Pejabat Amerika Serikat telah berusaha selama berbulan-bulan untuk mencapai apa yang akan menjadi kesepakatan bersejarah yang menurut Netanyahu akan menjadi langkah besar mengakhiri konflik Israel-Palestina. Namun Riyadh telah mengisyaratkan kesepakatan akan bertumpu pada kenegaraan Palestina.

“Saya dapat mengidentifikasi dengan apa yang dikatakan presiden Amerika Serikat dalam sebuah wawancara beberapa hari lalu, di mana dia mengatakan jalannya masih panjang, tetapi menurutnya akan ada kemungkinan kemajuan,” ujarnya kepada media Kan.

Baca Juga:  Peran Dakwah dalam Memperbaiki Akhlak Umat

Dia menambahkan, Israel tidak terlibat dalam diskusi AS-Saudi.

“Saya dapat mengatakan bahwa Israel tidak akan menyerah pada apa pun yang akan mengikis keamanannya,” lanjutnya.

Antony Blinken, menteri luar negeri AS, mengunjungi Arab Saudi pada bulan Juni dengan tujuan mempromosikan normalisasi setelah menyatakannya sebagai “kepentingan keamanan nasional” AS.

Presiden AS Joe Biden pekan lalu mengirim penasihat keamanan nasionalnya ke Riyadh untuk membahas kemungkinan kesepakatan, dan pada hari Jumat mengatakan pemulihan hubungan “mungkin sedang berlangsung”.

Ditanya apakah pertanyaan “mengikis keamanan” Israel termasuk Riyadh membangun program nuklir sipil di tanahnya, Hanegbi mengatakan bahwa untuk itu, persetujuan Israel tidak diperlukan.

“Puluhan negara mengoperasikan proyek dengan inti nuklir sipil, dan dengan upaya nuklir untuk energi, ini bukan sesuatu yang membahayakan mereka maupun tetangga mereka,” katanya.

Baca Juga:  Ratusan Mahasiswa UI Berkumpul di Perkemahan Solidaritas Palestina

Hubungan AS-Israel telah tegang dalam beberapa bulan terakhir oleh perluasan permukiman ilegal Yahudi oleh pemerintah Israel di Tepi Barat yang diduduki dan perubahan peradilan yang sangat diperebutkan yang dilakukan oleh koalisi Netanyahu. (T/RS2/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.