KELAPARAN DAN KEMATIAN LANDA JUTAAN WARGA YAMAN

yaman hancur alsahwa
Negeri Yaman kini (foto: alsahwa)

Aden, 9 Rajab 1436/28 April 2015 (MINA) – Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memberikan laporan, kelaparan dan kematian kini mulai melanda akibat konflik di negara itu.

Data PBB menyebutkan, ada sekitar 12 juta warga Yaman rawan pangan dan terancam kelaparan, serangan bom koalisis menyebabkan 1.080 orang tewas dan lebih dari 4.000 terluka, 150.000 warga melarikan diri, serta masih banyak korban tewas berada di dalam reruntuhan rumah yang terkena bom.

“Warga saat ini juga kesulitan mencari makanan, air bersih, dan tempat tinggal, suatu penderitaan kemanusiaan di Yaman,” bunyi pernyataan pada First Post, Selasa (28/4).

Warga juga terpaksa harus melakukan perjalanan panjang untuk mendapatkan apa yang harus mereka cari, dan ada beberapa warga melarikan diri ke tempat yang sebenarnya juga kuran gstabil di Horn Afrika, terletak antara Teluk Aden dan Samudera Hindia.

Tidak hanya itu, pasokan listrik terutama ke rumah sakit juga terputus.

Juru Bicara Komite Palang Merah Internasional, Marie Claire Feghali melaporkan, banyak ambulan dan generator tidak bisa dijalankan, karena tidak adanya bahan bakar yang tidak cukup.

Hisham Abdul Wahab, salah seorang warga mengecam ledakan bom pekan lalu. Ia mengatakan mencoba untuk pulang ke rumahnya, namun gagal.

“Beberapa orang mulai kembali ke tempat tinggal masing-masing, tetapi serangan terjadi lagi, sehingga mereka meninggalkan tempat tersebut untuk kedua kalinya. Tempat itu kini hancur dan tidak ada yang tersisa,” ujarnya. (T/hna/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0