Kemendikbud: Guru dan Tenaga Kependidikan Adalah Agen Perubahan

Jakarta, MINA – Direktur Jenderal dan Tenaga Kependidikan (Dirjen ) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Supriano mengatakan, guru dan tenaga kependidikan adalah agen untuk bangsa.

“Pendidik dan tenaga kependidikan adalah agen perubahan di daerah. GTK berprestasi dan berdedikasi inilah yang akan menjadi role model (teladan) di daerahnya masing-masing,” katanya saat pembukaan Pemilihan GTK Beprestasi dan Berdedikasi tahun 2018, di Jakarta, Ahad (12/8).

Perubahan yang sangat cepat menghadirkan tantangan dalam dunia pendidikan, untuk itu guru dan tenaga kependidikan memegang peranan penting dalam penyiapan generasi muda yang mampu menghadapi berbagai tantangan zaman.

Melalui Pemilihan GTK Beprestasi dan Berdedikasi tahun 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendorong semakin banyak guru yang mampu menyiapkan peserta didik menjadi generasi emas .

Menurut Dirjen GTK, Kemendikbud telah menggulirkan tiga kebijakan besar dalam rangka menyiapkan generasi emas penerus bangsa di era yang semakin global. Pertama adalah gerakan literasi nasional. Literasi bukan hanya terkait baca tulis saja, tetapi juga terkait informasi, literasi teknologi, khususnya digital.

“Negara yang mampu bersaing adalah yang mampu menguasai teknologi, informasi, sumber daya, dan bisnis,” ucapnya.

Kedua, pembelajaran abad 21 yang salah satunya diupayakan melalui Kurikulum 2013. Dirjen GTK menilai, terdapat 4 kompetensi dasar yang wajib dimiliki setiap peserta didik, yakni kompetensi untuk berfikir kritis (critical thinking). Kemudian kemampuan berkomunikasi, baik melalui media maupun secara interaksi langsung, kemampuan berkolaborasi dan kerja sama dan kreativitas untuk menghasilkan inovasi.

“Ketiga, yang paling penting adalah karakter. Banyak orang cerdas, tetapi gagal karena tidak memiliki karakter yang baik. Dalam panduan kita jelas, nasionalis, religius, mandiri, gotong royong, dan kejujuran (integritas),” ungkapnya. (R/R10/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.