Kemendikbudristek Dorong Pemda Segera Salurkan Tunjangan Profesi Guru

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan, Kemendibudristek Nunuk Suryani (foto: Sajadi/MINA)

Jakarta, MINA – Terjadi keterlambatan pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) triwulan I 2024, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk segera menyalurkannya sebelum batas waktu 14 hari kerja sejak dana TPG diterima di rekening Kas Umum Daerah.

“Kami secara konsisten terus mengawal proses distribusi TPG sesuai dengan ketentuan serta berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Pemda untuk memastikan kelancaran proses penyaluran TPG bagi para guru,” tegas Nunuk Suryani dalam keterangan pers yang diterima MINA, Jumat (10/5).

Nunuk Suryani menambahkan, hingga pekan ke-2 bulan Mei 2024, baru terdapat 26 Pemda yang telah menyalurkan dana TPG ke rekening guru.

Baca Juga:  Wapres Harapkan Peran Otonomi Daerah Majukan Ekonomi Syariah

“Sebanyak 297 Pemda sedang dalam proses menyalurkan dana TPG ke rekening guru, dan sebanyak 223 Pemda belum dapat menyalurkan dana TPG mengingat masih dalam proses penyaluran dana dari Kas Negara ke Kas Umum Daerah setelah Kemendikbudristek melalui Ditjen GTK memberikan rekomendasi untuk percepatan penyaluran dana dari Kas Negara ke Kas Umum Daerah,” ujarny.

Lebih lanjut, Ditjen GTK akan terus memastikan kelancaran penyaluran TPG ke depan.

“Kami mendorong satuan pendidikan dalam memperbarui Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan mengisi pemenuhan beban kerja guru untuk dilakukan verifikasi dan validasi, yang jika memenuhi syarat akan diajukan operator Pemda sebagai calon penerima dana TPG, sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan untuk menghindari terjadinya hal serupa (keterlambatan pencairan),” pungkasnya. []

Baca Juga:  Ulama Terkemuka Aceh Waled Husaini Wafat

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi