Kementerian Haji Saudi Ganti Aplikasi ‘Etamarna’ dengan ‘Nusuk’

Suasana Masjidil Haram saat jamaah menjaga jarak sosial dalam melakukan tawaf mengelilingi Ka'bah saat musim haji di tengah pandemi penyakit virus corona di kota suci Mekah, Arab Saudi, Jumat (31/7/2020).

Jeddah, MINA – Kementerian Arab Saudi telah memutuskan untuk menghapus aplikasi Etamarna dan memperluas semua layanan terkait haji melalui .

Kementerian tersebut mengatakan keputusannya menghentikan aplikasi Etamarna dilakukan untuk memfasilitasi prosedur pendaftaran bagi jamaah haji, Saudi Gazette melaporkan, Kamis (12/1).

Langkah-langkah pendaftaran melalui aplikasi Nusuk adalah: Masuk ke website Kementerian Haji, pilih aplikasi Nusuk, pilih Reservasi dari menu , dan pilih “Buat Reservasi Baru”.

Setelah calon jamaah menyetujui syarat dan ketentuan, mereka akan dapat melihat detail semua paket haji dan memilih paket yang sesuai.

Kemudian mereka juga bisa menambah pendamping atau wali laki-laki bagi perempuan (mahram) seperti suami, bapak, saudara laki-laki dan anak laki-laki.

Mereka akan diminta untuk menambahkan rekening bank mereka, cara pembayaran biaya dan apakah mereka ingin melakukan pembayaran penuh atau mencicil.

Saat menyelesaikan reservasi, jamaah akan menerima pesan di nomor telepon terdaftar mereka. Detail reservasi juga akan muncul di dasbor pengguna.

Kementerian mengumumkan Arab Saudi akan menyambut jemaah haji tahun ini dalam jumlah yang sama sebelum munculnya pandemi Covid.

Diumumkan juga bahwa jamaah domestik memiliki opsi untuk membayar biaya paket haji dalam tiga kali cicilan, daripada membayar jumlah penuh sekaligus seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. (T/R7/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.