KERRY DAN KETUA LIGA ARAB BERTEMU BAHAS ISIS

Menteri Luar Negeri AS John Kerry bertemu Ketua Liga Arab Nabil Al-Arabi (Gambar: EPA)
bertemu Nabil Al-Arabi (Gambar: EPA)

Kairo, 12 Dzulqa’dah 1435/7 September 2014 (MINA) – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry membahas ancaman (IS/ISIS/ISIL) dengan Ketua Liga Arab, Sabtu (6/9), sebelum organisasi itu melaksanakan pertemuan.

Liga Arab akan mengadakan pertemuan tingkat menteri di Kairo pada Ahad untuk mengatasi cepatnya perubahan di wilayah tersebut, Ahram Online yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pejabat Departemen Luar Negeri AS mengatakan, Kerry dan Ketua Liga Arab Nabil Al-Arabi membahas perlunya Liga Arab dan para anggotanya untuk mengambil posisi yang kuat dalam koalisi yang berkembang melawan IS.

Baca Juga:  Menlu Iran-Mesir Bertemu di Gambia Bahas Gaza

“Mereka juga berbicara tentang pentingnya tindakan tegas untuk menghentikan aliran pejuang asing, menghentikan pendanaan ISIL dan melawan hasutan itu,” tambah pejabat itu dengan menyebut akronim “ISIL”.

Keduanya setuju bahwa Irak seharusnya di garis depan dalam perjuangan melawan IS. Irak, Amerika Serikat, kawasan, dan masyarakat internasional harus berdiri bersama-sama untuk membantu Irak dalam menghadapi ancaman itu.

Irak sebelumnya menyambut baik rencana Presiden AS Barack Obama untuk koalisi internasional melawan kelompok pejuang bersenjata, di mana pemerintah Baghdad telah berulang kali menelepon Washington untuk meminta bantuan melawan militan.

Obama menguraikan rencananya pada pertemuan puncak NATO, Jumat di Wales, tentang koalisi yang luas untuk mengalahkan IS yang pada Juni berhasil menguasai kontrol beberapa kota utama Irak dan sebagian wilayah Suriah. (T/P001/R11)

Baca Juga:  Menlu Iran-Mesir Bertemu di Gambia Bahas Gaza

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0