Ketua LTMPT Imbau Siswa dan Sekolah Segera Isi PDSS

Jakarta, MINA – Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Ravik Karsidi mengimbau kepada sekolah dan siswa yang belum melakukan pengisian data dan verifikasi,  segera melakukan pengisian data dan verifikasi sebagaimana diatur dalam mekanisme Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019.

Hal ini disampaikan sehubungan dengan perkembangan pengisian dan verifikasi pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sebagai bagian dari SNMPTN 2019 yang tinggal lima hari lagi sampai 25 Januari. Demikian keterangan pers yang diterima MINA, Ahad (20/1).

Sampai 18 Januari 2019 masih banyak sekolah yang belum mengisi data PDSS. Dari sekolah yang terdaftar di PDSS sebanyak 27.057, diketahui sekolah yang sudah mengisi data sebanyak 13.662 dan sekolah yang belum mengisi data sebanyak 13.395 sekolah.

“Jumlah sekolah yang sudah finalisasi sebanyak .327 sekolah dan jumlah siswa yang sudah melakukan verifikasi sebanyak 50.978 siswa,” kata Ketua LTMPT.

Ravik menambahkan, hendaknya pihak sekolah dan siswa memperhatikan jadwal pengisian PDSS yang tinggal lima hari lagi, yaitu sampai tanggal 25 Januari 2019.

“Kepada para siswa juga diharapkan memperhatikan tahapan berikutnya yaitu pendaftaran SNMPTN 2019 yang telah dijadwalkan pada 4-14 Februari 2019. Adapun pemeringkatan peserta SNMPTN 2019 akan dilakukan oleh sistem LTMPT,” ujar Ravik.

Pada tahap pendaftaran ini, lanjut Ravik, siswa dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau masing-masing satu prodi dari dua PTN. Daftar program studi dan daya tampung pada SNMPTN tahun 2019 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

“Perlu diingatkan juga kepada para peserta SNMPTN yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga diwajibkan mengunggah portofolio dan perlu diketahui oleh masyarakat luas bahwa untuk mengikuti SNMPTN 2019 tidak dipungut biaya apa pun. Biaya penyelenggaraan SNMPTN 2019 sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah,” terang Ravik.

Sebagai informasi, pengumuman SNMPTN 2019 akan dilakukan pada 23 Maret 2019. Bagi siswa pendaftar yang sudah diterima melalui jalur SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

Kepada para siswa calon peserta agar membaca secara cermat semua informasi dan tata cara pendaftaran SNMPTN pada laman http://www.ltmpt.ac.id atau http://snmptn.ac.id. (R/R09/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Rifa Arifin