Khutbah Arafah Sheikh Al-Issa : Islam Ajak Kerukunan dan Hindari Perpecahan

Arafah, MINA – Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL) dan Anggota Dewan Ulama Senior Sheikh Mohammad Al-Issa, menyerukan umat beriman untuk berpegang teguh pada nilai-nilai luhur Islam yang mempromosikan kerukunan dan kasih sayang, serta menghindari semua yang mengarah pada perbedaan pendapat, permusuhan dan perpecahan di antara orang-orang beriman.

mengatakan ini saat menyampaikan di Masjid Namirah, Jumat 9 Dzulhijjah 1443, bertepatan dengam 8 Juli 2022, Saudi Press Agency melaporkan.

“Kita harus bersegera melakukan hal-hal yang baik termasuk rajin  mematuhi nilai-nilai yang diajarkan Islam. Nilai-nilai yang dengan kuat membentuk perilaku seorang Muslim dan menyempurnakannya dengan cara terbaik. Di antara nilai-nilai yang diajarkan Islam adalah menghindari segala sesuatu yang mengarah pada perbedaan pendapat, permusuhan dan perpecahan. Sebaliknya, memastikan bahwa interaksi kita didominasi oleh harmoni dan kasih sayang,” serunya.

“Marilah kita melindungi diri dari hukuman Allah dengan memenuhi perintah-Nya dan menghindari larangan-Nya. Ketika kita melakukan itu, kita pun akan mencapai kemenangan, keselamatan, dan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat,” lanjutnya.

Ia juga mengajak jamaah mengabdikan seluruh ibadah hanya kepada Allah, sebab Dialah satu-satunya yang pada akhirnya dapat mendatangkan kemaslahatan.

“Dan jika Allah menimpakan kepadamu suatu kesulitan, tidak ada yang dapat meringankannya kecuali Dia; dan jika Dia ingin memberi kalian jenis berkah apa pun, tidak ada yang dapat menahan nikmat-Nya untuk menjangkau kalian. Di antara hamba-hamba-Nya, Dia menjadikan siapa saja yang Dia kehendaki mengalami kebaikan dan keburukan, dan Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” imbuhnya.

Ia juga menekankan, Islam memiliki semangat yang mencakup kebaikan yang meluas ke seluruh umat manusia. “Sebaik-baik orang adalah mereka yang paling bermanfaat bagi orang lain,” ujarnya mengutip hadits Nabi.

“Dengan demikian, ajaran Islam memiliki sifat kemanusiaan yang melekat yang standarnya tidak dikompromikan, dan fondasinya tidak diubah. Karena itu, setiap individu harus mencintai apa yang baik untuk semua orang, dan berusaha untuk menyatukan hati mereka. Melalui nilai-nilai itulah cahaya Islam menyebar dan menjangkau orang-orang di seluruh wilayah dunia,” ujar Sheikh Al-Issa. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.