Kodim Jayapura Kerahkan 1.500 Personel Sukseskan PON Papua

Jayapura, MINA – Komando Distrik Militer (Kodim) 1701 Jayapura mengerahkan sebanyak 1.500 personel pasukan untuk mengamankan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang dilakukan baik sebelum, selama maupun sesudah PON berlangsung.

“Kodim 1701 Jayapura sudah menempatkan 1.500 pasukan menempati venue-venue, tempat akomadasi, dan objek vital yang tersebar di wilayah kabupaten dan kota di Jayapura, kami pastikan hingga saat ini venue dalam keadaan aman,” kata Pasi Intel Kodim Mayor. Inf. Faisal, saat jumpa pers di Media Center Kominfo PON Papua Klaster Jayapura, Ahad (26/9).

Lebih lanjut Faisal menjelaskan, untuk pengamanan secara menyeluruh sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku diberikan kepada Polri, namun jika Kepolisan membutuhkan bantuan dari TNI, pihaknya akan membantu.

“Kami pengaman obyek bukan pengamanan kegiatan, yang melakukan pengamanan adalah Polri tapi bila terjadi sesuatu Polri membutuhkan, maka kami akan bantu,” tegasnya.

Sementara untuk mengantisipasi kerusuhan pascapertandingan, Kodim sudah membetuk PAM Dalam (pengamanan dalam) dan PAM Luar, kemudian untuk moratorium minuman keras, Kodim Jayapura mengerakan Babinsa untuk terus berusaha beropreasi dan patroli merazia toko-toko dan warung dijalan-jalan yang jual minuman keras.

Selanjutnya Faisal menegaskan terkait Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sudah terokalisir di daerah tertentu, diyakinkan di klaster PON Jayapura sudah tidak ada, memang mereka masih melaukan teror kepada masyarakat namun bukan di daerah Jayapura tetapi di wilayah luar.

“Untuk menghilangkan rasa ketakutan masyarakat, kita yakinkan bahwa di Jayapura dalam kondisi aman, untuk pelaksanaan PON di Jayapura dipastikan tidak akan ada gangguan kemanan,” katanya. (R/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)