Komisi X: Anggaran Kemenristekdikti Harus Prioritaskan Beasiswa dan Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi

Wakil Ketua DPR RI, . (Foto: DPR RI)

Jakarta, MINA – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra meminta anggaran Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada lebih memprioritaskan program yang terkait dengan beasiswa mahasiswa, mutu dosen dan mutu perguruan tinggi melalui akreditasi.

Menurutnya, prioritas ini penting dilakukan dalam menjawab berbagai masalah di perguruan tinggi di Indonesia.

“Anggaran fungsi pendidikan 2018 di Kemenristekdikti sebesar Rp 40,3 triliun, saya tekankan harus fokus memperhatikan beasiswa bagi mahasiswa, mutu dosen, dan akreditasi PTN dan PTS di Indonesia,” tegas Sutan sebelum Rapat Paripurna di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (25/10).

Sementara pada aspek beasiswa mahasiswa dan kualitas dosen, politisi F-Gerindra itu meminta kepada Menrsitekdikti untuk adanya peningkatan jumlah penerima dan satuan biaya Beasiswa Bidik Misi, Beasiswa ADiK, Beasiswa Dosen S2/S3 DN/LN dan Pendampingan Prodi Kedokteran.

Indikasi kualitas dosen juga terlihat dari ketimpangan mutu dosen juga terlihat dari rasio dosen yang telah menempuh Strata Tiga dan Guru Besar. “Sangat mencolok perbedaannya, hampir 73% kampus swasta tidak memiliki dosen yang berkualifikasi doktor,” kata Sutan sebagaimana laman Parlementaria melaporkan.

Sutan juga menyoroti masalah akreditasi Perguruan Tinggi. Menurutnya, hal yang harus diprioritaskan oleh pemerintah adalah meningkatkan akreditasi, sehingga tidak ada lagi Perguruan Tinggi yang ber-akreditasi C di Indonesia. Pasalnya, akreditasi turut memengaruhi kualitas lulusan Indonesia.

“Jika terus diperjuangkan, dalam jangka panjang lulusan kita akan menjadi yang terbaik dan dapat bersaing di skala Internasional, apalagi dalam menghadapi era globalisasi, kualitas dan kompetensi menjadi aspek utama yang harus kita ke depankan,” tegas Sutan.

Politisi asal dapil Jambi itu berkomitmen memperjuangkan peningkatan penerima beasiswa bagi mahasiswa dan dosen. “Tidak hanya penerima yang kita tingkatkan, satuan biaya beasiswa dan akreditasi perguruan tingginya pun akan terus saya perjuangkan agar terus meningkat,” tutup Sutan. (R/R09/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.