PBB: Butuh 14 Tahun Bersihkan Puing-Puing Bangunan di Gaza

PBB mengungkapkan, setidaknya membutuhkan waktu 14 tahun untuk membersihkan seluruh puing-puing bangunan yang hancur akibat agresi Israel di Gaza, Palestina. (Foto: Al-Jazeera)

Jenewa, MINA – Sejumlah besar puing-puing termasuk persenjataan yang belum meledak akibat agresi yang menghancurkan di Jalur membutuhkan waktu sekitar 14 tahun untuk dihilangkan, kata seorang pejabat PBB pada hari Jumat (26/4).

Pehr Lodhammar, perwira senior di Dinas Pekerjaan Ranjau Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNMAS), mengatakan pada sebuah pengarahan di Jenewa memperkirakan, butuh waktu 14 tahun dalam kondisi tertentu untuk membersihkan puing-puing, termasuk puing-puing dari bangunan yang hancur.

“Kami tahu bahwa biasanya ada tingkat kegagalan setidaknya 10 persen dari amunisi layanan darat yang ditembakkan dan gagal berfungsi,” katanya. “Kita berbicara tentang 14 tahun kerja dengan 100 truk.”

Meskipun, lanjut Lodhammar, tidak mungkin untuk menentukan jumlah pasti persenjataan yang belum meledak yang ditemukan di Gaza, setidaknya ada sekitar 37 juta ton puing di wilayah perkotaan dan padat penduduknya.

Baca Juga:  Aksi Bela Palestina Serentak Digelar di 172 Kampus Muhammadiyah

Agresi Israel di Gaza telah mengurangi sebagian besar wilayah pesisir yang sempit dan berpenduduk 2,3 juta orang menjadi gurun dimana sebagian besar warga sipil kehilangan tempat tinggal, kelaparan dan berisiko terkena penyakit.

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.