Komunitas Backpacker MAPIM Malaysia adakan Safari Dakwah Aceh-Bandung

Bandar Lampung, 11 Sya’ban 1437 H/19 Mei 2016 () – Sebanyak enam orang  dari Komunitas Dakwah Backpacker Malaysia bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Majelis Perundingan dan Pertubuhan Islam Malaysia () mengadakan Safari Dakwah dari Aceh sampai Jawa Barat.

Koordinator Kegiatan, Muhammad Nur Akmal Shamsudin saat ditemui Mi’raj Islamic News Agency (MINA) pada kunjungannya di Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Muhajirun Negararatu Natar Lampung Selatan, Rabu, (18/5) malam mengatakan, program ini bertujuan mengetahui kondisi umat Islam di Indonesia khususnya dari Aceh sampai Bandung.

Kemudian juga bersilaturahim kepada para kyai dan tokoh muslim untuk mendapatkan nasehat dan berbagi tentang pengalaman dakwahya.

“Ini merupakan program daripada MAPIM dan Komunitas Dakwah Backpacker Di Aceh yang telah kami kunjungi, kami ingin mengetahui kondisi baik ekonomi maupun kemasyarakatan Aceh, 12 tahun pasca Tsunami,” katanya.

“Di Medan kami ber-enam juga dijamu dan disantuni oleh Ustadz Hasbullah, Pembina Ponpes Al-Fatah Medan, Alhamdulillah kami merasakan ukhuwah yang baik di sana,” katanya.

Sementara untuk di Lampung, Akmal merasakan syukur bersama dengan dan MINA Biro Sumatera dibawa bersilaturahim ke Televisi, Pondok Pesantren Ushuluddin, Sekolah Islam Ar-Raihan juga bertemu dengan tokoh ulama Lampung Selatan.

“Kami juga bersilaturahim ke rumah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lampung Selatan, KH. Hamim Fadil untuk mendapatkan nasehat dan tausiyah dari beliau,” katanya.

Akmal mengatakan, hasil dari safari ini nantinya akan menjadi acuan bagi para aktivis untuk menerapkan metode dakwah yang tepat di berbagai tempat.

“Dari safari ini kita akan banyak belajar bagaimana pola dakwah di berbagai daerah, dan Insya Allah safari selanjutnya akan diadakan ke daerah Sabah dan Serawak Malaysia kemudian ke Kalimantan Barat. Kami juga mengajak aktivis Indonesia jika ingin bergabung nanti,” ujarnya.

MAPIM merupakan LSM Malaysia bidang kemanusiaan yang sudah melakukan banyak program di berbagai negara seperti Palestina, Suriah, Rohingya, Thailand, Filipina, dan lain-lain.

Beberapa waktu lalu MAPIM mengadakan pertemuan dengan berbagai LSM Peduli Kemanusiaan Umat Islam dengan peserta dari berbagai negara seperti Thailand, Malaysia, Brunei, Filipina, juga Indonesia.

Pada rapat itu, Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur ditunjuk sebagai Amir keseluruhan LSM tersebut, yang nanti bersekretariat di Kuala Lumpur. (L/sfh/K08-P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.