Konjen RI Sambut Kedatangan Jamaah Haji Indonesia di Makkah

Makkah, MINA – Konjen RI di Jeddah Eko Hartono menyambut kedatangan 358 asal Pati, Jawa Tengah tiba di Hotel, Kiswah, Jarwal, Makkah. Mereka tergabung dalam kloter 1 Embarkasi Solo (SOC 1).

Bus pertama yang mengantar jamaah, masuk ke halaman hotel Ahad (12/6) tepat pukul 23.00 waktu Arab Saudi (WAS). Mereka diberangkatkan dengan 8 bus dari Bir Ali Madinah pukul 17.35 WAS.

Eko Hartono mengatakan, kehadiran jamaah SOC 1 ini menandai dimulainya fase kedatangan jamaah di Makkah.

“Ini rombongan pertama jamaah kita yang bergerak dari Madinah menuju ke Makkah,” terang Eko Hartono di Makkah.

“Ini adalah kloter pertama yang datang ke Madinah pada 4 Juni 2022. Mereka dari embarkasi Solo. Kami juga menyambut rombongan pertama ini,” sambungnya.

Eko Hartono berharap jamaah dapat beribadah dengan baik. “Semoga tetap diberikan kesehatan sehingga ibadah haji mereka bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Eko juga mengingatkan, haji adalah ibadah fisik. Karenanya, semangat beribadah harus diimbangi dengan kemampuan menjaga diri. Apalagi, saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Meski pandemi Covid-19 mereda, tetap hati-hati agar kita tidak tertular. Perlu kedisiplinan jamaah. Jaga stamina. Jika tidak diperlukan jangan berkerumun,” pesan Eko.

Konjen RI di Jeddah ini juga berpesan bahwa ada berbagai pengetatan di Saudi. Misalnya, di Masjidil Haram tidak boleh berfoto-foto dengan menbawa identitas diri dan kelompok, seperti spanduk, seragam, dan lainnya.

“Sekarang tidak boleh jamaah berkelompok membawa identitas diri apakah seragam atau spanduk, lalu berfoto, itu dilarang,” jelasnya.

“Ini ada kejadian saat umrah. Ini juga harus kita sampaikan ke jamaah,” pungkasnya. (R/R5/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.