Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Indonesia Siap Hadapi Vietnam

Pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia di Turki, Desember 2023. (Foto: PSSI)

Jakarta, MINA – bersiap menghadapi Timnas Vietnam dalam lanjutan . Duel kedua tim akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Kamis (21/3) besok.

Mayoritas skuad Tim Merah-Putih sudah berkumpul di Jakarta sejak Ahad (17/3). Mereka kemudian menjalani latihan perdana di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (18/3) malam WIB.

Saat ini, Garuda menjadi juru kunci Grup F dengan torehan satu poin dari dua laga yang dijalani. Hasil itu didapat setelah Indonesia takluk 1-5 dari Timnas Irak pada 16 November 2023 dan ditahan imbang 1-1 Timnas Filipina (21/11/2023).

Duel kontra Vietnam krusial bagi Timnas Indonesia. Garuda wajib meraih kemenangan untuk menjaga asa lolos ke fase berikutnya. Jika tidak, harapan mereka untuk melaju lebih jauh di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia bisa saja sirna.

Timnas Indonesia dipastikan kehilangan tiga pemain pada laga kali ini. Elkan Baggott, Jordi Amat, dan Yance Sayuri harus menepi karena cedera. Dengan begitu, total ada 26 nama yang masuk Skuad Garuda untuk laga kontra Vietnam.

Awalnya Shin Tae-yong memanggil 28 pemain. Karena ketiga pemain tersebut urung bergabung, pelatih asal Korea Selatan itu kemudian menyertakan satu pemain tambahan. Dia adalah gelandang serang Arema FC, Arkhan Fikri.

Mantan pelatih PSIM Yogyakarta sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto menyayangkan absennya ketiga pemain tersebut.

“Kita juga harus mewaspadai absennya beberapa pemain terutama Elkan Baggott dan Jordi Amat yang selama ini boleh dikatakan menjadi pilar lini belakang Timnas,” ujarnya.

“Meskipun Timnas Indonesia saat ini mempunyai banyak pilihan di lini belakang, namun tetap harus dipersiapkan dengan baik supaya siapapun yang dimainkan bisa memberikan kontribusi permainan yang maksimal,” katanya.

Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia:

1. Kamis, 21 Maret 2024

Timnas Indonesia Vs Vietnam

Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta

Kick-off: 20.30 WIB

2. Selasa, 26 Maret 2024

Vietnam Vs Timnas Indonesia

Stadion My Dinh, Hanoi

Kick-off: 19.00 WIB

(R/R11/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.