Kunjungi PBNU, Wakil Hakim Agung Palestina: Kami Tenang Gus Yahya di Pihak Palestina

Wakil Hakim Agung Palestina Mohammed Abdalhafez Yousef Azzam bertemu Ketua PBNU KH Yahya Cholil Staquf. (Foto: NU Online)

Jakarta, MINA – Berkunjung ke Kantor Pengurus Besar , Wakil Hakim Agung Palestina Mohammed Abdalhafez Yousef Azzam menyampaikan merasa tenang karena Ketua PBNU KH teguh mendukung Palestina.

“Saya sangat bangga dengan keberadaan Gus Yahya. Kami merasa tenang karena Gus Yahya berada di pihak kami melalui cara Gus Yahya yang sangat humanis dan internasional,” ujarnya dalam kesempatan kunjungan itu, Jumat (14/4). Demikian dikutip dari NU Online.

Dunia Arab, menurutnya, terutama , harus banyak belajar dari Gus Yahya. Gagasan-gagasan besar Gus Yahya harus disebarkan dan diterapkan di dunia Arab dan Palestina.

Dalam pandangannya, gagasan fiqih peradaban penting untuk dapat diwujudkan dan diterapkan pada era sekarang. Karenanya, ia sangat mendukung penuh gagasan tersebut.

Dalam kunjungan pertamanya ke Indonesia, ia melihat keseriusan dan keteguhan dan PBNU dalam memberikan dukungan terhadap Palestina.

“Kami melihat komitmen bangsa Indonesia terhadap Palestina sekaligus menunjukkan keberpihakannya terhadap kemanusiaan dan dukungan terhadap Palestina tidak pernah putus,” katanya.

Oleh karena itu, Syekh Azzam berterima kasih dan tersanjung, serta merasa terhormat atas undangan pihak PBNU dan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang memberikannya kesempatan untuk datang ke Indonesia.

Sementara itu, Gus Yahya menyampaikan bahwa NU hadir mencarikan solusi agar bisa diterima masyarakat internasioanl terakait Palestina dan Israel.

Sebab, menurutnya, harus ada penyesuaian dengan masyarakat internasional terkait solusi persoalan kedua negara tersebut. Karenanya, ia mengajak dunia Islam agar dapat bersama-sama menemukan solusi yang demikian.

Lebih lanjut, Gus Yahya juga mengajak agar seluruh elemen masyarakat Palestina dapat bersatu, baik kelompok Fatah, Hamas, Gaza, maupun Tepi Barat.

Pihaknya juga mengutuk aksi kekerasan yang dilakukan pihak Israel terhadap Palestina. Ia menegaskan bahwa perdamaian dan kemanusiaan merupakan investasi yang paling baik di zaman sekarang.

Untuk itu, Gus Yahya menggagas Fiqih Peradaban sebagai respons terhadap tatanan baru dunia dengan mereformulasi fiqih baru yang lebih manusiawi, humanis, lebih toleran, damai, dan menjunjung tinggi kemanusiaan.(R/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: sri astuti

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.