LIMA JUTA DOLAR AS UNTUK KEPALA PEMIMPIN SENIOR ISIL

Pemimin senior ISIL, Abu  Mohamad Al-Shimali
Pemimin senior ISIL, Abu Mohamad Al-Shimali

Washington, 8 Shafar 1437/20 November 2015 (MINA) – Pemerintah Presiden Barack Obama mengumumkan, Rabu, pihaknya menawarkan hadiah lima juta dolar AS untuk informasi yang mengarah kepada penangkapan pemimpin senior ISIL yang dikenal sebagai Abu Mohammad Al-Shimali.

Nama aslinya diduga adalah Tirad Al-Jarba, dan saat ini ia menjabat sebagai “kepala perbatasan” ISIL, Departemen Luar Negeri mengatakan, Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan, mengutip kantor berita Kuna.

Ia telah menjadi bagian dari Al-Qaeda di Irak sejak 2005, pernyataan itu menegaskan.

Al-Shimali adalah “pemimpin kunci dalam Komite Imigrasi dan Logistik ISIL dan bertanggung jawab dalam memfasilitasi perjalanan para teroris asing, terutama melalui Gaziantep, Turki, dan selanjutnya menuju Jarabulus, kota perbatasan di Suriah yang dikuasai ISIL,” kata pernyataan itu.

Dia diyakini mengkoordinasikan “kegiatan penyelundupan, transfer keuangan, dan pergerakan pasokan ke Suriah dan Irak dari Eropa, Afrika Utara, dan Semenanjung Arab,” pernyataan tersebut mengungkapkan.

Tahun lalu, Al-Shimali dikabarkan telah membawa para pejuang ISIL dari Australia, Eropa, dan Timur Tengah, “dan mengelola pusat pemrosesan ISIL bagi anggota barunya di Azaz, Suriah.”

AS memasukkan dia dalam daftar teroris hampir dua bulan lalu, dan melarang transaksi keuangan antara Al-Shimali dengan bank-bank Amerika. (T/R07/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor:

Comments: 0