MA Al-Fatah Ikuti Program Student Company Kewirausahaan

Cileungsi, Bogor, MINA – Prestasi Junior Indonesia () mengadakan program (SC) di bidang untuk sekolah-sekolah tingkat SMA dan SMK.

Program telah tersebar di beberapa wilayah, salah satunya Pondok Pesantren Madrasah Aliyah (MA) Al-Fatah, Cileungsi, Bogor.

“PJI bekerjasama dengan Caterpillar Foundation dan programnya dinamakan Student Company yang mengajarkan siswa siswi SMA atau SMK tentang kewirausahaan,” kata Program Manager for West Region Utami Anita Herawati kepada wartawan MINA, usai acara peresmian FAAZA Student Company di Gedung Tahfidz MA Al-Fatah, Cileungsi, Bogor Jumat (13/3).

“Mereka membentuk sebuah perusahaan di Sekolah, kemudian menjalankan operasionalnya layaknya sebuah perusahaan,” imbuhnya.

Selanjutnya, Utami menjelaskan uniknya dari program tersebut adalah modal usahanya dengan jual beli saham dan pihaknya akan menyiapkan sertifikat saham.

Kemudian, mereka mempresentasikan sahamnya untuk dijual ke para calon investor setelah mendapatkan uang dari investor-investor tadi maka mereka harus mempertanggung jawabkan untuk digunakan operasional usaha.

“Saham ini keuntungannya bukan hanya dimiliki oleh orang luar tapi anggota mereka harus dapat keuntungan juga, seminggu sekali ada staf kami yang bertemu dan menjadi supervisor untuk membimbing mereka, selama perjalanan bisnis ini berhasil kita tidak meminta persenan apapun,” ujar Utami.

Ia pun berharap, dengan program SC ini mereka bisa membuka usaha sendiri dan dapat mengurangi pengangguran.

“Ada beberapa alumni telah menjalankan bisnisnya sendiri dan itu sukses, mereka yang tidak berbisnis pun bisa bekerja di perusahaan dan bisa menduduki jabatan yang cukup baik karena mereka sudah punya pengalaman, ilmu-ilmu dasar dan bekal,” pungkasnya. (L/Hju/NZ/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)