Malaysia Dapat Tambahan 1.400 Kuota Haji

Kuala Lumpur, MINA – haji resmi untuk jamaah tahun ini mendapat tambahan 1.400, menjadi 31.600 dari 30.200 tahun lalu, menurut Datuk Seri Mujahid Yusof Rawa.

Menteri di Departemen Perdana Menteri mengatakan, peningkatan kuota adalah hasil dari diskusi antara pemerintah Malaysia, melalui (TH) dan Arab Saudi, untuk mencerminkan peningkatan jamaah haji asal Malaysia. Malaymail melaporkan, Rabu (22/1).

“Sebelumnya, kami diberi kuota 30.200 jamaah berdasarkan 0,01 persen dari populasi kami yang tidak diperbarui (30 juta), tetapi menurut angka 2017 dari PBB, populasi Malaysia telah meningkat menjadi 31,6 juta,” ujarnya.

Organisasi Kerjasama Islam menetapkan bahwa setiap negara mendapat kuota haji 0,01 persen dari populasinya, maka “kami memberi tahu Arab Saudi peningkatan jumlah penduduk Muslim Malaysia menurut statistik baru PBB,” imbuhnya, usai kunjungan tiga hari ke Arab Saudi.

Selama kunjungan tersebut, Mujahid juga mengadakan pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Dr Mohammed Saleh bin Taher Benten di Mekah, di mana mereka membahas pengaturan awal dan persiapan untuk melayani para peziarah dari Malaysia selama musim haji 1441 H.

Dia juga mengadakan pertemuan dengan Menteri Urusan Islam, Dawah dan Bimbingan Saudi, Syaikh Abdullatif bin Abdulaziz Al-Sheikh di Riyadh sebelum kembali ke Malaysia. (T/RS2/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.