Mariska Halinda, Taekwondo Muslimah Andalan Tim Indonesia di SEA Games 2019

Jakarta, MINA – Mariska Halinda kembali menjadi andalan timnas Indonesia diajang SEA Games 2019 di Filipina mendatang. Ia mendapat target mempertahankan emas yang telah diperolehnya pada dua SEA Games sebelumnya.

“Beban ada di situ, tetapi saya akan menjadikannya sebagai motivasi untuk mempertahankan gelar,” kata Mariska seusai latihan di Gor Popki Cibubur, Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Ia mengatakan, lawan terberat dalam mempertahankan gelar tersebut adalah dirinya sendiri. Ia harus berlatih lebih keras dari sebelumnya dan menjaga kondisi tubuh, seperti disiplin dalam latihan, mengatur pola istirahat dan makan, serta menjaga berat badan. Demikian keterangan tertulis yang dikutip MINA, Kamis (21/11).

Meskipun Mariska telah memenangi dua SEA Games sebelumnya, ia tetap harus mematangkan teknik serangan dan mempelajari kekuatan lawan melalui video. Kemudian  kerjasama dalam tim juga dibutuhkan, seperti menganalisis calon lawan serta mempersiapkannya dalam latihan.

Persiapan Mariska sebelum berangkat ke Filipina cukup matang karena ia telah bergabung dengan Pelatnas sejak Januari 2019. Dalam kejuaraan 2nd Asian Open Taekwondo Championship di Ho Chi Minh City, Vietnam pada Agustus lalu, Meriska juga berhasil meraih medali emas.

Kemenangan tersebut membuat Mariska semakin percaya diri. Apalagi, dalam pemusatan latihan di Korea Selatan pada 24 Oktober hingga 14 November lalu, Mariska berlatih tanding dengan lawan yang sepadan dan mematangkan strategi.

Ia merasa, dengan latih tanding tersebut, semangatnya untuk bertarung di SEA Games dapat semakin meningkat.

“Saya bisa mencoba lawan yang berbeda dan dapat mempersiapkan strategi yang tepat dalam merespons lawan,” katanya. (R/LM/P1

Mi’raj News Agency (MINA)