Masjid Nurul Hidayah Jadi Percontohan Rumah Ibadah Ramah Disabilitas di Lombok Barat

Lombok Barat, MINA – Salah satu masjid yang berada di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat () memiliki fasilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas. Masjid bernama Nurul Hidayah ini dilengkapi dengan berbagai sarana penunjang bagi penyandang disabilitas untuk beribadah.

“Masjid Nurul Hidayah menjadi percontohan rumah ibadah yang ramah disabilitas di Lombok Barat. Masjid ini menjadi masjid pertama di Lombok Barat yang memberikan akses mudah bagi masyarakat penyandang disabilitas,” kata Kepala Kanwil Kemenag Provinsi NTB, Zaidi Abdad di NTB, Selasa (5/7).

Zaidi mengatakan, Masjid Nurul Hidayah ini menjadi bagian dari program Desa Inklusi Taman Ayu. Rumah ibadah ramah disabilitas ini, kata dia, dilatarbelakangi survei dari Tim Lakpesdam PWNU NTB bersama Pemerintah Desa Taman Ayu dan Universitas Al-Azhar terkait data penyandang disabilitas.

“Ternyata di tempat ini jumlah penyandang disabilitas cukup banyak. Maka, kita bersama-sama menghadirkan rumah ibadah ini sebagai komitmen bersama memenuhi hak mereka. Semoga menjadi gerakan bola salju yang terus bergulir,” katanya.

Zaidi mengungkapkan, Masjid Nurul Hidayah ini memiliki beragam fasilitas yang cukup memudahkan bagi penyandang disabilitas melakukan aktivitas, di antaranya tempat wudu dan jalur khusus penyandang disabilitas. Tersedia juga Al-Qur’an Braille, kursi roda, sembako, dan obat-obatan gratis.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Desa Taman Ayu yang telah berupaya memberikan pelayanan dan kesetaraan akses bagi seluruh masyarakat yang akan beribadah di wilayah itu, tanpa terkecuali.

“Rumah ibadah yang ramah disabilitas masih jarang. Karena itulah kami membangun kemitraan dengan Lakpesdam PWNU NTB, yang sudah berjalan hampir satu tahun ini untuk mewujudkan rumah ibadah ramah disabilitas,” katanya. (L/R2/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.