Masyarakat Klaten Kembali Gelar Tradisi Ya Qowiyu

MINA – Masyarakat di Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, kembali menggelar tradisi , setelah beberapa tahun absen karena pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia internasional.

Tradisi upacara Yaa Qowiyyu digelar setiap bulan Safar (bulan kalender Islam) sebagai peringatan hari wafatnya Kiai Ageng Gribig. Demikian keterangan resmi pemerintah daerah Kabupaten Klaten, Sabtu (17/9).

Keunikan tradisi Ya Qowiyu terletak pada penyebaran “apem” pada upacara puncak. Apem adalah makanan khas orang Jawa yang terbuat dari beras, tepung dengan potongan kelapa di tengahnya.

Untuk gelaran tahun 2022 ini, panitia menyiapkan sekitar empat ton apem yang kemudian disebar kepada masyarakat yang datang ke lokasi.

Upacara tersebut dihadiri oleh gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Koordinasi (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto, dan Bupati Klaten, Sri Mulyani.

Ganjar Pranowo mengatakan, suasana meriah dalam gelaran tradisi Sebar Apem Yaa Qowiyyu di Kompleks Makam Kiai Ageng Gribig, Jatinom, Klaten, akhirnya kembali bisa digelar setelah hampir tiga tahun tertunda.

Acara Yaa Qawiyyu merupakan simbol persatuan umat. Acara diisi doa-doa agar masyarakat diberi keberkahan dan kekuatan agar kita semua bisa bangkit kembali pasca pandemi.

“Antusiasme masyarakat luar biasa hari ini. Saya merasakan seperti tiga atau empat tahun yang lalu ya. Suasananya sudah kembali meriah. Masyarakatnya berkumpul dan berbahagia,” ungkap Ganjar.

Tradisi Ya Qowiyu sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram, pada masa pemerintahan Sultan Agung Hanyokrokusumo.(R/P2/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.