Mendikbud dan Dubes Denmark Bahas Kerjasama

Jakarta, MINA — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy bersama Duta Besar  Rasmus A. Kristensen bekerjasama dalam berbagai bidang, saat menerima kunjungan Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Rasmus A. Kristensen, Selasa (13/11), di Kantor Kemdikbud, Senayan, Jakarta.

Pada pertemuan tersebut, menteri mengemukakan peluang-peluang  kerja sama antara Indonesia-Denmark, meliputi pembelajaran pengelolaan manajemen sekolah baik negeri maupun swasta; pengembangan keterampilan pendidikan , teknologi, teknik, dan (STEM); peningkatan kemampuan siswa Indonesia dalam high order thinking skills (HOTS).

Denmark dalam score Programme for International Students Assessment (PISA) selalu menempati peringkat atas dunia (tahun 2016 peringkat ke-15 dan Indonesia peringkat ke-62); peningkatan kompetensi guru Indonesia yang memiliki skill abad 21, dan; kolaborasi peningkatan pendidikan kejuruan dengan prioritas maritim dan pariwisata.

Kerja sama tersebut mencakup pelatihan maupun pertukaran guru dan siswa termasuk peningkatan keterampilan dalam pembelajaran kreatif dan keterampilan sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) siswa di jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD), dasar, menengah dan kejuruan.

Saat ini tercatat, sebanyak 51 juta pelajar Indonesia dan 3 juta orang guru sehingga perlu keseriusan pemerintah dalam melakukan peningkatan kualitas dan keterampilan bagi guru dan siswa. (R/R10)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.