Menhan Prabowo Nyatakan Brunei Mitra Penting Indonesia

Foto: Kemhan RI

Kuala Lumpur, MINA – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengatakan, Brunei Darussalam adalah negara tetangga dan saudara seperjuangan serta mitra penting Indonesia di kawasan,  kedua negara telah menjalin kerja sama bidang pertahanan yang erat.

Hal tersebut disampaikan Prabowo kepada Menhan II Kerajaan Brunei Darussalam Dato Paduka Seri Haji Awang Halbi bin Haji Mohd Yussof, saat membahas peningkatan kerja sama pertahanan kedua negara, ketika menghadiri The 17th Defence Services Asia (DSA) and National Security (NATSEC) Asia 2022, Senin (28/3) di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kerja sama bilateral Indonesia-Brunei telah terjalin kuat sejak 1970, walaupun mekanisme kerja sama bilateral baik melalui Komite Tingkat Tinggi Brunesia (di tingkat angkatan bersenjata), maupun di tingkat Joint Defence Cooperation Committee di tingkat Kementerian Pertahanan, baru dimulai beberapa tahun lalu.

Sementara MoU di bidang pertahanan antara Kementerian Pertahanan RI dengan Brunei Darussalam ditandatangani pada 10 April 2003 dan pihak Indonesia telah meratifikasi MoU tersebut pada 2010.

MoU tersebut berisi mandat untuk kedua negara agar selalu menjaga dan meningkatkan kerja sama atas dasar saling menghormati, percaya dan menguntungkan.

Dalam hal industri pertahanan, Prabowo menyampaikan apresiasi atas kepercayaan Pemerintah Brunei yang memanfaatkan produk PT. DI yakni pesawat CN-235.

Menhan berharap agar Brunei dapat mempertimbangkan produk PT.DI lainnya seperti pesawat CN-295 untuk dipergunakan Angkatan Udara Diraja Brunei.

Selain itu, Prabowo juga menawarkan produk industri strategis lainnya, seperti kapal perang yang diproduksi oleh PT PAL Indonesia. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.