Menkes Inggris: Virus Corona Jenis Baru di Luar Kendali

Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock. (Twitter)

London, MINA – Menteri Kesehatan mengatakan, pemerintah telah memberlakukan penguncian (lock down) Natal yang ketat di London dan Inggris tenggara karena jenis baru (Covid-19) “di luar kendali.”

Hancock memperingatkan bahwa tindakan ketat yang mempengaruhi hampir sepertiga penduduk Inggris dapat tetap berlaku sampai vaksin virus diluncurkan sepenuhnya.

“Kami bertindak sangat cepat dan tegas,” kata Hancock kepada Sky News, Ahad (20/12), Nahar Net melaporkan.

Ia membenarkan perintah “tinggal di rumah”, larangan pertemuan keluarga selama Natal dan penutupan toko yang tidak penting.

Perdana Menteri Boris Johnson pada Sabtu mengumumkan bahwa jutaan orang harus membatalkan rencana Natal dan tinggal di rumah karena ketegangan baru menyebar jauh lebih cepat.

Sekitar 16,4 juta orang memasuki langkah-langkah “tingkat empat” paling ketat sejak Ahad, atau 31 persen dari populasi Inggris.

Mereka tidak diizinkan mengadakan pertemuan keluarga untuk Natal, sementara di negara lain rumah tangga diizinkan untuk berkumpul pada Hari Natal saja.

Polisi Metropolitan London mengatakan bahwa mereka akan mengambil tindakan terhadap mereka yang “membuat keputusan sembrono yang membahayakan nyawa”.

Wilayah Inggris lainnya juga telah memperketat tindakan antivirus mereka sebagai tanggapan.

Wales memberlakukan penguncian yang ketat mulai hari Ahad, sementara Skotlandia telah melarang perjalanan ke dan dari wilayah Inggris lainnya untuk Natal. Baik Skotlandia dan Irlandia Utara akan melakukan penguncian baru pada 26 Desember. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.