Menlu Israel akan Kunjungi Bahrain Buka Kedutaan

Tel Aviv, MINA – Menteri Luar Negeri Gabi Ashkenazi mengatakan pada Rabu (3/12) bahwa dia bermaksud untuk mengunjungi , ibu kota , dalam waktu dekat untuk membuka Israel di negara itu.

Hal itu diungkapkan Ashkenazi dalam konferensi pers bersama Menteri Perindustrian, Perdagangan dan Pariwisata Bahrain, Zayed bin Rashid Al Zayani di Tel Aviv.

“Saya berniat mengunjungi Manama segera untuk membuka Kedutaan Besar Israel di Bahrain dan untuk mengejar pembicaraan yang berkelanjutan,” kata Ashkenazi.

“Kami sedang mengupayakan realitas baru untuk wilayah kami yang telah banyak mengalami konflik,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Menteri Al Zayani menyambut baik rencana kunjungan Menlu Israel dalam waktu dekat itu.

“Kami menantikan kehadiran Anda dan warga Israel di Bahrain.  Kami ingin segera menerbangkan pesawat ke Israel,” kata Al Zayani.

Pada Selasa (2/12), delegasi kabinet dari Bahrain tiba di Israel sebagai bagian dari proses normalisasi yang sedang berlangsung antara kedua negara.

Kunjungan itu dilakukan kurang dari dua pekan setelah Menteri Luar Negeri Bahrain Abdullatif bin Rashid Al-Zayani tiba di Israel pada kunjungan resmi pertamanya ke negara itu sejak Manama menjalin hubungan diplomatik dengan Tel Aviv pada September.

Bahrain menjadi negara Arab keempat yang menjalin hubungan diplomatik dengan Israel, setelah Mesir pada 1979, Yordania pada 1994, dan Uni Emirat Arab pada Agustus 2020.

Kesepakatan normalisasi yang ditengahi AS baru-baru ini yang ditandatangani oleh UEA dan Bahrain telah menuai kecaman luas dari Palestina, yang mengatakan perjanjian tersebut mengabaikan hak-hak mereka dan tidak melayani tujuan mereka. (T/R2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)