Menlu RI-Menlu Turki Tegaskan Komitmen Dukung Palestina

Foto: Tangkap Layar

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menerima Mevlüt Çavuşoğlu di Jakarta, Selasa (22/12) di kantir Kemlu RI.

Keduanya bertukar pandangan mengenai perkembangan terakhir di Timur Tengah, termasuk .

“Berkaitan dengan Palestina, kami berdua menegaskan kembali
komitmen untuk selalu mendukung Palestina,” kata Retno dalam pernyataan bersama Kedua Menlu secara daring dari kantor Kememterian Luar Negeri RI, Jakarta Pusat.

Menlu RI menekankan, isu Palestina harus diselesaikan berdasarkan berbagai resolusi Dewan Keamanan PBB dan parameter yang disepakati secara internasional.

“Termasuk two-state solutions, Saya menekankan bahwa perdamaian dan stabilitas Timur Tengah merupakan persyaratan bagi pemulihan global pasca pandemi,” tambahnya

Indonesia dan Turki juga sepakat bekerja sama dalam memperkuat
kerja sama di Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk menyelesaikan berbagai tantangan di dunia Islam dan kesejahteraan Ummah.

Sementara itu, mangatakan Indonesia dengan negaranya mempunyai hubungan yang kuat di OKI, khususnya dalam upaya memperjuangkan Al-Quds (Yerusalem Timur), Palestina.

“Sebagai dua negara yang mayoritas Muslim akan terus melanjutkan perjuangan untuk mendukung Ummah,” ujar Mevlüt Çavuşoğlu.

Kedatangan Çavuşoğlu merupakan kunjungan pertama Menlu Turki
secara bilateral ke Indonesia dalam kurun waktu 15 tahun terakhir dan bertepatan dengan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik
tahun ini.

Kedua Menlu dalam pertemuan tersebut juga menandatangani nota kesepahaman tentang kerja sama peningkatan kapasitas diplomatik.

“Nota Kesepahaman ini akan semakin memperkuat kemitraan kita dan membangun kapasitas diplomatik para diplomat kedua negara,” ujar Menlu RI. (L/RE1/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.