Menlu. Turki akan Kunjungi Israel 24 Mei

Ankara, MINA – Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan, Rabu (20/4), dia akan mengunjungi Israel pada 24 Mei di tengah meningkatnya upaya kedua saingan regional itu untuk memperbaiki hubungan, empat tahun setelah mereka saling usir duta besar.

Berbicara kepada penyiar CNN Turk, Cavusoglu mengatakan, dia akan melakukan perjalanan ke Israel dan Palestina bersama Menteri Energi Fatih Donmez pada 24 Mei. Dia juga akan membahas penunjukan duta besar baru untuk Israel

Dalam beberapa pekan terakhir, Turki dan Israel telah berupaya untuk memperbaiki hubungan mereka yang telah lama tegang, dan sektor energi muncul sebagai bidang kerja sama yang potensial.

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan bulan lalu, dia “sangat, sangat berharap” untuk kerja sama energi dengan Israel, dan dia berharap untuk membahas masalah ini dengan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett.

Baca Juga:  Polisi AS Pukuli dan Tangkap Demonstran Pro-Palestina

Namun demikian pada Selasa (19/4), Erdogan mengatakan kepada timpalannya dari Israel Isaac Herzog, dia “sangat kecewa” dengan terluka dan terbunuhnya orang-orang Palestina di Tepi Barat dan Masjid Al-Aqsa selama bulan suci Ramadhan.

Kedua negara saling mengusir duta besar pada tahun 2018 dan sering saling bertikai atas konflik Palestina, dukungan Turki terhadap Hamas, dan masalah lainnya.  (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf