MENRISTEKDIKTI: PT HARUS LAHIRKAN WIRAUSAHAWAN

UIN Bandung
UIN Bandung

Jakarta, 15 Rabi’ul Awwal 1437/26 Desember 2015 (MINA) – Menteri Riset, Teknologi dan Tinggi, Mohammad Natsir mengatakan, (PT) harus melahirkan , selain melahirkan tenaga profesional.

“Perguruan Tinggi di Indonesia memiliki tanggung jawab yang besar untuk melahirkan wirausaha muda. Pembangunan ekonomi bangsa tidak serta merta meningkat dan maju, tanpa peran wirausaha yang signifikan,” kata Natsir dalam amanat yang disampaikan Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ahmad Intan, pada pembukaan Gathering-Expo Wirausaha Muda Kampus 2015 (WMK) di Auditorium Universitas Islam Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta. Laman resmi UIN Bandung yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan, Sabtu (26/12).

Acara bekerjasama dengan CEDeS tersebut bertujuan untuk membangun iklim usaha yang kondusif di tengah kalangan muda kampus. “Selain melakukan ekspose terhadap produk wirausaha kampus, CEDeS Indonesia juga memberikan apresiasi terhadap produk wirausaha terbaik dan potensial untuk berkembang,” ujar Direktur CEDeS Indonesia, Zaenul Ula.

Pada acara tersebut, ada tiga mahasiswa yang terpilih dan mendapat apresiasi dari CEDeS Indonesia, sebagai prosasal terbaik, yakni Anisa dengan jenis usaha “Es Krim Sayur”, mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai juara. Selanjutnya, Tri Yudistria dengan jenis usaha “Kelinci Hias,” mahasiswa UIN Jakarta sebagai terbaik kedua. Terakhir, Nisa Gumati dengan “Es Kuwut Bali” mahasiswa UIN Bandung sebagai terbaik ketiga.

Gerakan Wirausaha Muda Kampus (WMK) diluncurkan pada 12 Agustus 2015 oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi, bertujuan mendorong lahirnya wirausahan muda dari perguruan tinggi melalui program pembangunan mindset dan skil kewirausahaan mahasiswa.

Kegiatan utama yang dilakukan Gerakan Wirausaha Muda Kampus adalah Kuliah Umum Wirausaha, Workshop Dosen Wirausaha, Mentoring Wirausaha, dan Apresiasi Wirausaha. (T/P006/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Fauziah Al Hakim

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.