MER-C Siap Berkolaborasi Bersama AWG Sukseskan Bulan Solidaritas Palestina 2023

Pengurus AWG berkunjung ke kantor MER-C bahas rencana gelaran Bulan Solidaritas Palestina 2023. (Foto: AWG).

Jakarta, MINA – Medical Emergency Rescue Committee () siap berkolaborasi dengan Aqsa Working Group () untuk menyukseskan gelaran (BSP) 2023 pada bulan November mendatang

Hal itu disampikan saat AWG melakukan audiensi ke kantor MER-C di Jakarta, Rabu (13/9).

Saat menerima audiensi itu, Ketua Presidium MER-C dr. Sarbini Abdul Murad menyampaikan, kerja sama antara MER-C dan AWG bukanlah hal yang baru. Kedua lembaga kemanusiaan ini memiliki visi misi yang selaras, terutama dalam perjuangan Palestina.

“MER-C dan AWG itu bukanlah teman baru, kita adalah sekutu dan sahabat lama sampai hari ini, sampai dengan hari esok dalam perjuangan kita untuk membebaskan Palestina dari cengkraman Israel,” kata Sarbini.

Wakil Ketua Panitia BSP 2023 Yusuf Maulana menyampaikan tujuan dari audiensi tersebut, yakni mengajak MER-C untuk ambil bagian dalam kegiatan BSP 2023, khususnya di bidang kesehatan dan bakti sosial (baksos).

Yusuf menjelaskan, BSP tahun ini akan ada kegiatan baksos di antaranya pelatihan Resusitasi Jantung Paru (RJP), donor darah, khitanan massal, dan terapi bekam. Ragam kegiatan baksos itulah yang ditawarkan AWG agar MER-C sebagai lembaga kemanusiaan medis bisa terlibat di dalamnya.

“Kegiatan ini butuh bantuan dari MER-C supaya bisa membawa manfaat tentunya. Karena BSP bukan masalah Palestina saja, tapi juga berkaitan dengan yang ada di sekeliling kita,” kata Yusuf.

Sarbini mendukung program baksos BSP 2023 itu. Ia mengatakan, untuk pembahasan lebih rinci bisa didiskusikan lebih lanjut, termasuk soal tempat dan waktu pelaksanaan baksos tersebut.

“Ini bagus. Artinya lebih berkembang. AWG dulu mengadakan long march, sekarang sudah lebih berkembang (dengan adanya baksos),” tuturnya.

BSP tahun ini adalah kali ketiga setelah diselenggarakan berturut-turut sejak 2021. Kegiatan BSP 2023 akan dilaksanakan secara serempak di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan kegiatan ini pun akan digelar di Gaza, Palestina.

BSP 2023 akan disemarakkan dengan berbagai kegiatan, mulai dari perlombaan, Daurah Palestina, pengibaran bendera di puncak gunung, Gowes Cinta Al-Aqsa, serta seminar-seminar.

BSP 2023 akan fokus menggaungkan penolakan RUU Israel yang akan membagi Masjid Al-Aqsa antara Muslim dan Yahudi. RUU ini diusulkan oleh anggota partai Likud Amit Halevi, ke Parlemen Israel, Knesset. Padahal secara aturan yang berlaku, umat Islam adalah satu-satunya yang berhak atas Masjid Al-Aqsa. (R/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.