MER-C Terima Donasi Peduli Palestina dari Masjid Silaturrahim dan Majelis Taklim Taman Laguna

Cibubur, Bekasi, MINA – Lembaga kegawatdaruratan medis Medical Emergency Rescue Committee () menerima donasi dari Jamaah Masjid Silaturrahim dan Majelis Taklim Taman Laguna Cibubur, Bekasi, sebesar Rp. 140.027.777,-.

Bantuan diserahkan oleh Pengurus DKM Masjid Silaturrahim,  Tedy Rostedy, yang diterima oleh Ir. Edy Wahyudi, relawan yang diamanahkan sebagai Site Manager Pembangunan Rumah Sakit Indonesia (RSI) di Gaza, Palestina, didampingi Ir. Faried Thalib  Presidium MER-C,  di masjid itu, Sabtu (29/5).

“Terima kasih kami ucapkan kepada para donasi yang telah mengamanahkan kepada MER-C,  jumlah cukup besar untuk perjuangan Palestina khususnya, yang berkaitan dengan pembangunan Rumah Sakit Indonesia (RSI) di Gaza, Palestina,” kata Faried saat memberikan sambutan.

RSI di Gaza dibangun atas inisiasi MER-C bersama sukarelawan dari Pondok Pesantren Al-Fatah seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Indonesia-Arab Saudi Tambah Rute Penerbangan Baru Jamaah Haji 2024

Faried menceritakan RSI di Gaza terus beroperasi dengan baik. Alhamdulillah satu hari pada saat normal dapat menampung pasien sampai sejumlah 600 orang perhari, dengan berbagai penyakit. Demikian juga terus beropeasi saat terjadi serbuan Israel selama 10 hari baru-baru ini.

“Dari sejak awal pembangunan RSI tidak mempunyai kontrak tertulis dengan Pemerintah Palestina, khususnya yang ada di Gaza. Namun kita terus berikan pelayanan yang terbaik sehingga mendapatkan respon baik dari pemerintah di sana,” ungkapnya.

“Tahap demi tahap kita telah menyelesaikan pembangunan RSI, dan sekarang kita punya program pengembangan rumah sakit tahap tiga. Alhamdulillah lahannya sudah dapat 3.000 meter di seberang RSI yang sudah ada, membutuhkan dana sekitar Rp. 70 miliar,” kata Faried.

Baca Juga:  Ratusan Mahasiswa UI Berkumpul di Perkemahan Solidaritas Palestina

Edy Wahyudi juga menjelaskan, RSI di Gaza dibangun sejak 2011, dan mulai berfungsi pada tahun 2016. Sejak berfungsinya RSI ini terkenal bukan saja pada rakyat Indonesia bahkan dikenal sampai Internasional. Juga banyak diliput media nasional maupun internasional.

“Awal RSI beroperasi, kita dikunjungi oleh tim dokter dari  Amerika, dan dokter dari Perancis untuk melihat lihat langsung ke lokasi, serta memberikan apresiasi pada rakyat Indonesia yang telah membangun rumah sakit di Gaza, Palestina,” katanya.

Kemudian Edy menjelaskan, pada tahun 2017 dibangun lantai tiga dan empat, karena fasilitas yang ada sudah tidak bisa menampung pasien, karena pasien yang datang untuk berobat sampai 400 pasien sampai 500 orang perhari.

Baca Juga:  Wilayah 3T Jadi Prioritas Pembangunan Madrasah

Ketua DKM Masjid Silaturrahim  Tedy mengatakan kepada MINA, pengumpulan dana dimotori oleh bapak Tavipuddin Siregar mulai  tanggal 12 Mei 2021 hingga sekarang, kita menggalang dana dari jamaah Masjid Silaturrahim dan Majelis Taklim Taman Laguna, alhamdulillah terkumpul  sebesar Rp. 140.027.777,-.

“Pengumpulan dana dilakukan melalui Whats App grup dan juga diumumkan setelah melaksanakan shalat subuh. Alhamdulillah respon sangat cepat, walaupun ekonomi Indonesia tidak terlalu bagus akibat pandemi, akan tetap dana terkumpul cukup banyak untuk saudara kita yang ada di Palestina ini,” katanya.

Harapannya, donasi ini tidak berhenti di sini saja dan akan ada tahap kedua, karena warga Palestina masih sangat membutuhkan gontoran dana dari rakyat Indonesia terutama untuk melengkapi RSI di Gaza. (L/R8/R9/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.