MUI Kab. Lamadau Terus Lakukan Pembinaan Bagi Mualaf

Palangkarya, MINA – Untuk meningkatkan dan menjaga akidah keimanan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lamandau terus melakukan pembinaan bagi para mualaf di Kecamatan Sematu Jaya, Palangkarya, Kalimantan Tengah.

Kegiatan yang dihadiri sejumlah mualaf, sekaligus memberi pemahaman tentang Agama Islam. Kegiatan dimaksudkan untuk ajang silaturahim.

Sekretaris MUI Kabupaten Lamandau, Abdul Basir mengatakan, pihaknya mengajak orang yang baru masuk Islam harus menggunakan pendekatan humanis. Hal itu dilakukan agar tak menyinggung hati mereka.

“Islam itu rahmatin lil alamin. Menciptakan Islam yang ramah bukan yang marah. Pedekatan lebih pada kemanusian, keramahan, dan ketaladanan,” kata Abdul Basir, Senin (28/11).

Ketika sudah Islam, keyakinan harus ditanamkan dalam diri sekaligus dipegang erat. Setiap perintah dan larangan Allah SWT harus dijalani dengan istikomah. Lantaran jika itu ditinggalkan akan berdampak pada diri sendiri.

Baca Juga:  Dewan Pers Tegas Tolak RUU Penyiaran

“Jangan sampai malah kehidupan mempengaruhi kualitas ibadah. Memang masuk Islam gampang, tetapi jangan mudah meninggalkan keislaman,” pintanya.

Dalam Islam, kata dia, para mualaf tak dibatasi untuk berteman kepada siapa pun. Baik menjalin pertemenan lintas agama. Karena nilai ajaran Islam mengajarkan hidup berdampingan sekaligus menyebarkan kasih sayang kepada sesama.

Sementara Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Lamandau, Taufik Hidayat mengapresiasi penyelenggaraan pembinaan itu. Pihaknya berharap, kegiatan positif tersebut bisa dilanjutkan ke depannya.

“Kegiatan tersebut bisa meningkatkan dan menjaga keislaman dan keimanan mualaf. Ouputnya tak hanya ilmu keislaman saja yang didapat, tetapi bisa peningkatan kapasitas mualaf,” ujarnya. (R/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi