MUI Minta Jamaah Haji Yang Tidak Berangkat Untuk Bersabar

Jakarta, MINA – Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Amirsyah Tambunan menghimbau para jamaah haji Indonesia yang tahun ini tidak berangkat untuk tetap bersabar.

“Berangkat atau tidaknya hanya soal waktu menunggu situasi Covid-19 di dunia mereda. Untuk itu para jamaah haji yang tidak berangkat tahun ini tetap bersabar,” kata Amirsyah saat konferensi pers di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (3/6).

Ia mengatakan, “kalau tahun berikutnya ada pemberangkatan, tentu saja akan diprioritaskan. Pemberangkatan haji ini hanya soal waktu saja, ” ujarnya.

MUI menilai ada hikmah dari keputusan ini.

MUI akan senantiasa mendoakan semoga masyarakat Indonesia lekas keluar dari pandemi, diiringi dengan sikap disiplin memperhatikan protokol kesehatan.

Ia mengapresiasi langkah Kementerian Agama untuk membatalkan pemberangkatan jamaah haji tahun 2021 ini. Sebab, langkah Kemenag ini mengutamakan keselamatan jiwa.

“Menyelamatkan jiwa (hifdzun nafs) merupakan sesuatu yang wajib diutamakan. Kita apresiasi keputusan Kemenag, pembatalan ini dalam rangka mengutamakan keselamatan jiwa calon jamaah haji, sehingga tidak menimbulkan sesuatu yang berbahaya, sebab klaster virus ini terus berkembang dan semakin mengglobal, ” ujar Amir.

Kementerian Agama RI memastikan pemerintah tidak memberangkatkan jamaah haji Indonesia tahun 2021 sebagaimana disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Kamis siang. (L/R4/P1))

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.