Mulai 5 Juli Calon Jamaah Haji Masuk Asrama

Jakarta, MINA – Sebanyak 1.108 petugas haji menggelar simulasi pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

Pemerintah memajukan jadwal keberangkatan para calon 2019 ke Tanah Suci. Dari semula pada 7 Juli, maju menjadi 6 Juli 2019.

Menteri Agama (Menag) Saifuddin usai memberikan pembekalan kepada Media Center Haji 2019 di Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (25/6) mengatakan, majunya jadwal keberangkatan membuat jamaah haji kloter awal harus masuk asrama pada 5 Juli 2019.

“Tanggal 5 Juli jamaah haji sudah masuk ke asrama, ke embarkasi dan keesokan harinya Insya Allah mereka diberangkatkan ke Tanah Suci. Madinah secara berlangsung angsur kemudian yang lain menyusul,” kata Lukman.

Seiring majunya keberangkatan kloter pertama ini, Lukman memastikan jika seluruh layanan jamaah haji di Tanah Suci sudah siap. Mulai dari akomodasi, transportasi maupun katering sudah dipersiapkan dengan matang.

Hal yang masih dalam proses berkaitan dengan dokumen perjalanan para jamaah haji seperti paspor dan pengurusan visa.

“Jadi pengurusan paspor dan visa ini sedang berlangsung  sambil menunggu sebagian kecil jamaah haji kita yang melakukan pelunasan (pembayaran),” dia menambahkan.

Pemerintah menyiapkan kuota cadangan sebesar 5 persen yang pada akhirnya tak melunasi pembayaran biaya hajinya di tahun ini. (T/R06/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.