Mustahik Binaan BAZNAS di Tiga Wilayah Gelar Kampoeng Ramadhan

Kepala Divisi Pendayagunan BAZNAS, Randi Swandaru (kiri). (Foto: MINA)

, Kabupaten Bogor, MINA – Para mustahik Badan Amil Zakat Nasional () di tiga wilayah menggelar acara “Kampoeng Ramadhan” untuk memeriahkan ibadah di bulan suci 1440 Hijriah.

Kampoeng Ramadhan BAZNAS adalah kegiatan bazar bagi para pelaku usaha mikro, gerai zakat untuk konsultasi dan membayar zakat. Para pengunjung juga dihibur dengan acara talkshow dan pentas seni.

Acara ini digelar di daerah tempat pengembangan program BAZNAS Microfinance Desa (BMD), salah satunya Desa Jabon Mekar, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang dilaksanakan sejak 8 hingga 12 Mei 2019.

Selain di Parung, kegiatan tersebut juga diselenggarakan di BMD Lombok di Kecamatan Kuripan pasa 11-15 Mei 2019, dan BMD Sigi, Sulawesi Tengah Desa Kabobona 16-18 Mei 2019.

Kepala Divisi Pendayagunan BAZNAS, Randi Swandaru mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan pendapatan usaha bagi pelaku usaha mikro mitra BMD dengan memanfaatkan momentum Ramadhan.

“Kegiatan ini juga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para mustahik, karena terdapat bazar yang menampilkan produk-produk hasil produksi para mustahik,” katanya di Kampoeng Ramadhan BAZNAS Desa Jabon Mekar, Sabtu (11/5).

Kampoeng Ramadhan di desa ini diramaikan oleh 30 peserta yang menjajakan produknya, mulai dari makanan, pakaian, hingga alat-alat kebutuhan rumah tangga.

Selain itu, ada pula 15 tim santriwan dan santriwati desa setempat yang turut memeriahkan acara dengan mengikuti lomba marawis Kampoeng Ramadhan.

“Kampoeng Ramadhan ini memfasilitasi pelaku usaha mikro dan mitra BMD Jabon Mekar dalam mengembangkan jaringan pemasaran produk-produk dengan menyediakan tempat berjualan di even bazar,” ujar Randi.

Ina Yuliana, Kepala Desa Jabon Mekar mengaku senang atas hadirnya lembaga keuangan BMD. Menurutnya, lembaga tersebut ikut membantu pemberdayaan masyarakat.

Ia berharap setelah kegiatan Kampoeng Ramadhan BAZNAS usai, lokasi ini bisa terus digunakan sebagai tempat usaha, tempat perputaran ekonomi. Sehingga dampaknya dapat dirasakan semua masyarakat.

Alhamdulillah BAZNAS mendukung desa kami, cita cita kami telah tercapai atas kegiatan ini dan adanya BMD disini. Lapak ini akan kami optimalkan untuk aktivitas ekonomi warga di Desa Jabon Mekar,” katanya. (L/R06/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.