Netanyahu Kandidat Terkuat Pemerintahan Baru Israel

Presiden Reuven Rivlin (kiri) bertemu dengan perwakilan dari partai New Hope untuk berkonsultasi tentang siapa yang harus membentuk pemerintahan baru, di Kediaman Presiden di Yerusalem, 5 April 2021. (Mark Neyman/GPO)

Yerusalem, MINA – Hari konsultasi perwakilan partai-partai Israel dengan Presiden Reuven Rivlin pada Senin (5/4) memastikan, pemimpin Likud Benjamin Netanyahu mendapatkan rekomendasi terbanyak untuk membentuk pemerintahan.

Perdana Menteri Netanyahu telah didukung oleh 52 MK (Anggota Knesset) dengan rincian Likud 30, Shas 9, United Torah Yudaism 7, dan Religious Zionism 6, Times of Israel melaporkan.

Pemimpin Yesh Atid, Yair Lapid, direkomendasikan sebagai perdana menteri oleh 45 MK (Yesh Atid 17, Blue and White 8, Yisrael Beytenu 7, Labour 7, Meretz 6).

Naftali Bennett direkomendasikan oleh 7 anggota partainya sendiri, Yamina. Tiga partai yang tidak membuat rekomendasi berjumlah 16 kursi Knesset terakhir, yaitu New Hope 6, Joint List 6 dan Ra’am 4.

Itu berarti Netanyahu berpotensi ditempatkan dengan baik untuk ditugaskan oleh Rivlin dalam upaya membentuk koalisi baru. Kantor Rivlin mengatakan, dia akan mengeluarkan keputusannya pada Selasa (6/4).

Namun, Netanyahu masih kekurangan suara untuk mengumpulkan koalisi mayoritas di Knesset yang beranggotakan 120 orang. Saingannya, juga, tampaknya tidak memiliki pilihan langsung untuk merebut pemerintahan. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)