ORMAS “ORANG INDONESIA” SUMBANG GAZA DISAKSIKAN IWAN FALS

Sekjen ormas OI Ainur Rofiq saat memberikan bantuan kepada ketua presidium MER-C, dr. Henry Hidayatullah (Foto:Chamid/MINA)
Sekjen ormas OI Ainur Rofiq saat memberikan bantuan kepada ketua presidium MER-C, dr. Henry Hidayatullah (Foto:Chamid/MINA)

Depok, 5 Ra’biul Awwal 1435/27 Desember 2014 (MINA)– Kepedulian terhadap Palestina tak berhenti, Sabtu sore, Sekjen Ormas Orang Indonesia (OI) Ainur Rofiq mewakili anggotanya memberikan bantuan dana sebesar Rp. 90.866.900 untuk Gaza, Palestina.

OI sebelumnya bernama Iwan Fals Fans Club (IFFC) yang menghimpun penggemar-penggemar penyanyi Iwan Fals yang dikenal dengan karya-karyanya yang mempunyai kepedulian sosial yang tinggi.

Sumbangan tersebut disalurkan melalui lembaga kemanusian Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) yang langsung diserahkan kepada ketua presidium MER-C, dr. Henry Hidayatullah, disaksikan musisi Iwan Fals, Ketua KPK Abraham Samad dan para penonton Konser Pelangi di Panggung Kita, Leuwinanggung, Tapos, Depok, Sabtu sore.

“Kami menyediakan nomor rekening tersendiri bagi anggota Ormas OI yang akan memberikan bantuan dana untuk Palestina, hal itu untuk memudahkan mereka ketika ingin menyumbang,” kata Sekjen Ormas OI Ainur Rofiq kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Rofiq mengatakan, kepedulian Ormas OI kepada Palestina berawal dari adanya agresi Israel yang dilakukan kepada Palestina. Sehingga ia dan anggotanya selama 6 bulan sepakat menyisihkan sebagian harta yang dimiliki untuk disumbangkan kepada rakyat Palestina.

“Bukan hanya anggota Ormas OI di seluruh Indonesia saja, akan tetapi yang diluar negeri pun juga banyak memberikan bantuannya kepada rakyat Gaza di Palestina, misalnya; Hongkong, Mesir, Jepang, Swiss,” kata Rofiq.

Dia juga mengatakan, bukan hanya kali ini saja ormas OI memberikan bantuan kemanusiaan, sebelumnya mereka juga aktif terlibat diberbagai kegiatan-kegiatan kemanusiaan.

Ormas OI asal mulanya adalah komunitas Iwan Fals Fans Club (IFFC). Pertemuan pertama dilaksanakan pada 15-17 Agustus 1999 di tempat tinggal Iwan Fals, Desa Leuwinanggung, Depok.

“Terakhir kami juga ikut turun membantu mengevakuasi korban longsor di Banjarnegara,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain dari anggota-anggota OI, sumber dana juga didapatkan dari setiap konser Iwan Fals dan Band yang diselenggarakan, mereka biasanya meletakan tiga kardus di depan pintu masuk panggung konser sebagai kotak amal peduli Palestina.

“Kami sengaja menyerahkan bantuan ini melalui MER-C, karena kami tahu lembaga ini sangat peduli dan aktif membantu kegiatan sosial di Palestina,” katanya.

Iwan Fals saat menerima kaos Rumah Sakit Indonesia dari ketua presidium MER-C, dr. Henry Hidayatullah  (Foto: Chamid/MINA)
Iwan Fals saat menerima kaos Rumah Sakit Indonesia dari ketua presidium MER-C, dr. Henry Hidayatullah (Foto: Chamid/MINA)

MER-C adalah lembaga medis kemanusiaan yang memprakarsai pembangunan RS Indonesia di Gaza berdasarkan amanah dari rakyat Indonesia untuk rakyat Palestina.

Hingga kini, sebanyak 19 relawan Indonesia di RS Indonesia masih berada di Jalur Gaza untuk menyelesaikan pekerjaan akhir Rumah Sakit Indonesia serta mengawal pengadaan alat kesehatan agar rumah sakit dapat segera beroperasi.

Sebelumnya MER-C juga menerima sumbangan  dari komunitas musik metal sebesar Rp 89.615.000, PT. Samick Indonesia, perusahaan Korea yang memproduksi alat musik gitar dan piano, menyumbang Rp 64.963.500 dan komunitas musik aliran underground Bandung sebesar 2.002.200 rupiah sebagai bentuk persaudaraan pada warga Gaza, Palestina. (L/P010/R11/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0