Palang Merah Internasional: Tragedi Kemanusiaan Sedang Terjadi di Jalur Gaza

, MINA – Komite (ICRC) mengatakan bahwa “” sedang terjadi di . Banyak kebingungan dan ketakutan di tengah semakin intensnya serangan .

Dalam sebuah pernyataan pada Ahad (12/11), ICRC pun mendesak perlindungan penuh warga sipil di Gaza, baik mereka yang mengungsi atau yang sedang berada di rumah masing-masing.

ICRC mengeluarkan sebuah pernyataan bahwa serangan militer Israel selama ini dilakukan di kawasan permukiman padat penduduk dan sekitar rumah sakit di Gaza, yang dapat mengancam kehidupan orang-orang paling renntan, seperti staf medis, pasien, korban luka, bayi prematur, penyandang disabilitas, serta lanjut usia.

“Tragedi kemanusiaan yang tak tertahankan sedang terjadi di depan mata kita. Orang-orang menelepon kami siang dan malam, mengatakan bahwa mereka takut membuka pintu karena takut terbunuh dan memohon bantuan agar mereka selamat,” ujar William Schomburg, Kepala lembaga sub delegasi ICRC di Gaza, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Senin (13/11).

Baca Juga:  34 Senator Partai Republik Desak Biden Hentikan Rencana Sambut Pengungsi Gaza

“Sebagai pekerja kemanusiaan, saya merasa frustrasi karena tidak dapat menanggapi seruan ini, karena tim kami tidak memiliki kondisi keamanan dasar untuk bergerak di Gaza Utara,” tambah dia.

ICRC mengungkapkan keprihatinannya terkait situasi genting dan tidak aman yang dialami warga sipil Gaza saat melakukan evakuasi.

“Pria, wanita, dan anak-anak, mengibarkan bendera putih, berjalan puluhan kilometer melewati mayat-mayat yang bergelimpangan di jalan dan tanpa membawa kebutuhan pokok seperti makanan dan air,” terang Schomburg.

Dari laporan Palang Merah tersebut, sebanyak 100.000 pengungsi di Gaza mengalami kekurangan tempat tinggal, makanan, air, dan perlenngkapan kebersihan.

“Situasinya dengan cepat mendekati bencana kemanusiaan,” kata dia, seraya mengulangi seruannya agar mengalir tanpa hambatan dan berlangsung teratur. (T/R4/P2)

Baca Juga:  Komisi X DPR Minta Pemerintah Evaluasi Kurikulum Merdeka, UKT, Hingga Kesejahteraan Guru-Dosen

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.