Palestina Ungguli Israel Dalam Peringkat Sepakbola Dunia

Timnas (citizen co)

Ramallah, MINA – Kesebelasan nasional Palestina menurut rilis terbaru, saat ini menduduki peringkat ke-82 organisasi dunia FIFA (Fédération Internationale de Football Association).

Posisi tersebut menunjukkan tim Palestina mampu mengungguli Israel, yang berada pada rangking ke-98.

Pencapaian ini merupakan hasil terbaik dalam sejarah tim Palestina, berdasarkan hasil-hasil pertandingan internasilnal timna Paledstina sepanjang tahun ini, Quds Press melaporkan.

Palestina memenangkan tujuh kemenangan berturut-turut, termasuk lima kali dalam pertandingan kualifikasi Piala Asia 2019.

Tim Palestina memimpin grup dengan 15 poin, dan kemenangan terakhir saat menyapu tim Maladewa dengan skor telak 8-1, dan mencukur Buthan 10-0. Ini terjadi pada babak kelima kualifikasi Piala Asia.

Prestasi ini, menurut Phakaati Soccer, merupakan pertama kalinya timnas sepakbola Palestina mencapai peringkat lebih tinggi dibandingkan Israel.

Pengumuman tersebut muncul saat asosiasi sepak bola Palestina berkampanye mendorong FIFA untuk mengambil tindakan terhadap enam klub Israel yang bermain di permukiman Tepi Barat yang diduduki negara zionis itu

Pemukiman dianggap ilegal menurut hukum internasional, dan Palestina telah meminta FIFA untuk mengambil tindakan terhadap asosiasi sepakbola Israel.

Direktur Asosiasi Sepakbola Palestina Jibril Rajoub mengatakan, kenaikan peringkat tersebut merupakan pencapaian bersejarah yang terjadi, meski dengan berbagai pembatasan pada sepak bola di wilayah Palestina oleh pihak pendudukan Israel.

“Dengan klasifikasi ini, maknanya adalah kami telah mengalahkan tindakan pendudukan dan pelecehan sehari-hari, dari mencegah kebebasan bergerak atlet sampai ke semua tindakan yang menghalangi olahraga Palestina,” katanya.

Timnas Palestina yang pertama kali diakui oleh FIFA pada tahun 1998, sebelumnya menduduki peringkat 191 (tahun 1999) , 113 (2014) dan kini 82. Sementara Indonesia berada pada peringkat 169 dunia.

Rangking 10 besar FIFA adalah Jerman, Brasil, Portugal, Argentina, Belgia, Spanyol, Polandia, Swiss, Prancis dan Chile. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.