Panji Gumilang Divonis 1 Tahun Penjara atas Kasus Penodaan Agama

Panji Gumilang Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun divonis 1 tahun penjara atas tuduhan penodaan Agama Rabu 20 Maret 2024

Jakarta, MINA – Majelis hakim menjatuhkan vonis hukuman 1 tahun penjara dalam kasus kepada Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun . Vonis dibacakan dalam sidang putusan digelar di Pengadilan Negeri Indramayu, Jawa Barat, pada Rabu (20/3).

Ketua majelis hakim, Yogi Dulhadi mengatakan, mengadili satu menyatakan terdakwa Abdussalam Panji Gumilang alias A.S. Panji Gumilang tersebut diatas telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja di muka umum melakukan perbuatan yang pada pokoknya bersifat penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia sebagaimana dalam dakwaan yang terlampir.

Sidang pembacaan putusan itu digelar di Pengadilan Negeri (PN) Indramayu. Majelis hakim membuka sidang di ruang Cakra PN Indramayu sejak pukul 13.00 WIB. Terdakwa Panji Gumilang hadir didampingi kuasa hukum. Majelis hakim menyatakan terdakwa telah terbukti melanggar Pasal 156 a huruf a KUHPidana UU Nomor 8 tentang Penodaan Agama.

Baca Juga:  Fenomena Masyarakat Barat Dukung Palestina

Selain menetapkan terdakwa tetap ditahan, hakim menetapkan sejumlah barang bukti dalam kasus yang menyeret pimpinan Ponpes Al-Zaytun, yang berada di Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, itu untuk segera dimusnahkan.

“Menetapkan barang bukti berupa satu keping CDR merek HP bertuliskan 52x700md 80 min musik dengan isi cuplikan video sebagai berikut sampai dengan barang bukti satu bendel pedoman dharma bakti kesatuan Indonesia sebagaimana dibacakan dalam pertimbangan untuk dimusnahkan,” kata Yogi membacakan barang bukti. (R/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Rendi Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.