PBB Desak Dunia Tingkatkan Bantuan Kemanusiaan untuk Afghanistan

Foto: Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres

Jenewa, MINA – Sekretaris Jenderal mendesak masyarakat Internasional untuk meningkatkan dengan memberikan AS $ 606 juta bagi 11 juta orang di Afghanistan yang menderita karena perang.

“Setelah beberapa dekade perang, mereka mungkin menghadapi saat yang paling berbahaya. Sekarang saatnya bagi masyarakat Internasional untuk berdiri bersama mereka,” tegasnya pada pertemuan membahas situasi kemanusiaan Afghanistan. Dikutip dari Anadolu Agency, Selasa (14/9).

“Banyak orang bisa kehabisan makanan pada akhir bulan ini, dengan mendekatnya musim dingin,” tambahnya.

Ia mengatakan, Layanan Udara Kemanusiaan PBB telah mendirikan sebuah jembatan udara dari ibukota Pakistan Islamabad ke kota-kota Afghanistan di Kandahar, Mazar, dan Herat, dengan operasi yang berjalan sejak akhir Agustus, dan pekerjaan ini harus dilanjutkan.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan melalui rekaman video, sepertiga orang Afghanistan menghadapi kelaparan dan hampir setengah dari populasi membutuhkan bantuan kemanusiaan yang mendesak.

“Sejak tahun 1920-an, Turki telah berkontribusi pada upaya stabilisasi dan pembangunan di Afghanistan, termasuk pendidikan anak perempuan dan pemberdayaan perempuan, ” jelasnya.

“Satu komponen penting untuk setiap upaya bantuan di Afghanistan adalah berfungsinya bandara di ibu kota Kabul, “ujarnya. (T/Hju/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hamidah Juariyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.