Pelajar Sumbar Isi Tahun Baru  dengan Gerakan Serentak Ngaji 30 Juz

Padang, 30 Rabi’ul Awwal 1438/ 30 Desember 2016 (MINA) – Seluruh pelajar se-Sumatera Barat akan mengisi tahun baru dengan gerakan serentak ngaji 30 juz.

Kagiatan yang di selenggarakan oleh Asosiasi Pelajar Islam Sumatera Barat (Assalam Sumbar) ini akan dimulai pada 31 Desember di 12 wilayah.

Ketua Umum Assalam Sumbar, Ahmad A’idil Fauzan mengatakan gerakan ngaji 30 juz di ikuti seluruh pelajar dari berbagai daerah di Sumbar, diantaranya Padang, Pariaman, Padang Pariaman, Agam, Bukittinggi, Payakumbuh 50 Kota, Tanah Datar, Pasaman Barat, Kabupaten Solok, Solok, Pesisir Selatan, dan Sijunjung.

“Kegiatan ini sekaligus ajang silaturahmi antara pelajar sumbar, dan kami ingin menjadikan momentum tahun baru sebagai rutinitas positif, full ibadah. Acara ini juga menjadi saksi bahwa masih banyak orang-orang beriman di Sumbar,” ujar Fauzan kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat (30/12).

Acara ini juga dimaksudkan untuk mencegah bencana di bumi Sumbar serta untuk mengurangi potensi kemaksiatan pada setia malam tahun baru.

“Karena latar belakang gerakan ini kita buat bukan untuk merayakan, memperingati atau bahkan menandingi perayaan tahun baru, namun kita mengadakan ini untuk mencegah bencana serta mengurangi potensi maksiat pada setiap malam tahun baru,”tambahnya.

Assalam adalah organisasi Islam esktrasekolah yang mewadahi pelajar dan mahasiswa se-Sumatera Barat. Organisasi ini berdiri pada 27 Oktober 1999, mengawali peran sebagai forum silaturahmi organisasi instrasekolah Kerohanian Islam (Rohis) SLTP dan SLTA sederajat se-Sumatera Barat. Assalam rutin menyelenggarakan kegiatan antarsekolah berupa lomba, kajian agama, latihan dasar kepemimpinan, penggalangan dana, dan aksi turun ke jalan.

Pendirian Assalam ditandai musyawarah maraton yang digagas oleh Lembaga Pembina Pelajar Muslim (LPPM) Sumatera Barat pada 25–27 Oktober 1999 di Masjid Nusrul Iman, Padang. Dalam musyawarah yang diikuti anggota dan alumni Rohis, menyepakati Mahdivan Shafwan dari SMA Negeri 1 Padang sebagai Ketua Umum Assalam periode pertama. Saat ini, sesuai hasil Musyawarah Besar Assalam ke-17 pada 27 Desember 2015, Ketua Umum Assalam dijabat oleh Ahmad ‘Aidil Fauzan dari DPD Padang.

Bermula di Padang, Assalam sampai tahun 2014 telah mengukuhkan kepengurusan tinggat daerah di 14 kabupaten dan kota di Sumatera Barat. Kepengurusan setiap DPD dijalankan oleh pelajar SLTA sederajat yang bergerak di masing-masing daerahnya. (L/P007/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.