Pelatihan Public Speaking Siswa Binaan Lazismu PCM Kebayoran Baru

Jakarta, MINA – Pelatihan public speaking bagi siswa binaan digelar secara virtual pada Selasa (11/1), sebagai bentuk kolaborasi antara Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA) dan Lazismu PCM Kebayoran Baru.

Dalam webinar tersebut, Direktur Lazismu PCM Kebayoran Baru H Syaiful Rohim, Msi mengatakan, public speaking adalah proses merancang dan menyampaikan pesan kepada audien secara efektif.

“Public speaking melibatkan cara memahami audien dan tujuan berbicara, memilih elemen pidato yang akan melibatkan audien, dan menyampaikan pesan tersebut dengan terampil,” kata Syaiful sebagaimana keterengan pers yang diterima MINA.

Kegiatan tersebut dihadiri para siswa berprestasi yang memperoleh beasiswa dari Lazismu PCM Kebayoran Baru yang merupakan para siswa binaannya.

Adapun narasumber lainnya yang mengisi di kegiatan tersebut adalah pakar komunikasi dan juga Dosen UHAMKA Gilang Kumari Putra, yang mengatakan bahwa banyak kendala seseorang ketika berbicara atau tampil di depan hal layak antara lain rasa gugup dan demam panggung.

Oleh karenanya keberhasilan tampil menjadi seorang pembicara setidaknya ada beberapa tips yakni pembicara harus tahu bagaimana masuk ke dalam pikiran audien.

Hal lainnya adalah berusaha untuk mengalahkan nerveous atau gugup dengan kegembiraan dan semangat serta menguasai keadaan adalah kunci mendapatkan kepercayaan diri yang kuat.

Kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi peningkatan softskill bagi para siswa dan mahasiswa sehingga akan lebih siap manakala tampil dan berbicara di depan banyak orang.(R/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.