Pembangunan Infrastruktur Sosial Penting dalam Mitigasi Bencana

Jakarta, MINA – Pembanguan merupakan hal yang penting dalam di setiap daerah yang berpotensi terjadinya bencana selain pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Pakar Sosiologi Perkotaan Unversitas Indonesia Dr. Linda Darmayanti melihat banyaknya korban meninggal dan besarnya kerusakan di Palu bukan hanya disebabkan oleh alam ataupun kegagalan mitigasi bencana namun diakibatkan juga kurangnya pembangunan infrastruktur sosial.

“Segala bencana yang terjadi baik gempa, tsunami, atau banjir itu dimanapun kita tinggal itu tergantung manusia atau kehidupan sosial manusianya yang tinggal di atasnya,” jelas Linda saat menjadi pembicara diskusi ilmiah Unversitas Indonesia Bencana Palu: Refleksi Lingkungan, Teknis, Sosial, dan Tata Ruang di Jakarta, Senin (8/10).

Menurut Linda, pembangunan infrastruktur sosial berupa penguatan hubungan dan jaringan dalam masyarakat sangat diperlukan dalam suatu daerah yang rentan terjadi bencana, sehingga mereka sendiri akan sadar untuk menghadapi potensi bencana di daerahnya.

Sebagai contoh, ada warga Palu yang terkena dampak gempa masih sempat saling membantu meskipun dalam kesusahan. Hal tersebut merupakan wujud dari aspek sosial senasib sepenanggungan yang harusnya dibangun sebelum terjadinya bencana. Sehingga masyarakat sadar apa yang harus dilakukan sebelum, saat dan setelah terjadinya bencana

Saat ini banyak peraturan yang dihiraukan oleh masyarakat mengenai mitigasi bencana seperti pembangunan di daerah yang berpotensi bencana, pengrusakan alat deteksi bencana, tidak ada sistem keselamatan dalam masyarakat.

Daerah pantai Talise dan pantai Barat Donggala seharusnya menjadi daerah terlarang untuk dijadikan pemukiman, namun masih tetap ditempati oleh warga, padahal daerah tersebut dalam tata ruang harusnya steril karena rawan akan terkena bencana tsunami.

Oleh karena itu, semua kebijakan pemerintah dan mitigasi bencana akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan pembangunan infrastruktur sosial yang kuat. (L/Sj/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.