PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK SOLUSI CEGAH LIBERALISASI DI INDONESIA

Seminar-Nasional
Seminar-Nasional
Seminar Nasional Liberalisasi di Indonesia,  UIKA Bogor Sabtu (23/5).

Bogor, 5 Sya’ban 1436/23 Mei 2015 (MINA) – Teuku Ramli Zakaria, Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan, mengatakan, Pembentukan dapat menjadi solusi untuk mencegah liberalisasi di Indonesia.

“Selain pembentukan karakter, anak juga dibekali dengan kemampuan potensi insani berupa kecerdasan yang dapat mengemban tugas sebagai khalifah di muka bumi ini,” katanya pada acara seminar nasional bertema,” Liberalisasi Pendidikan di Indonesia,” di Universitas Ibnu Khaldun (UIKA), Bogor, Sabtu (23/5).

Ia mengatakan, imbas dari globalisasi dan liberalisasi di bidang pendidikan antara lain dengan lahirnya berbagai organisasi kerjasama internasional, dan Indonesia juga ikut menjadi salah satu anggotanya. Sehingga Indonesia juga harus lebih bersaing dengan negara lain.

Adian Husaini, Peneliti Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (INSISTS) pada acara yang sama mengatakan, hal yang harus diwaspadai adalah dampak negatif dengan adanya liberalisasi

Ia menjelaskan, dari segi positifnya, pemerintahan memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk mengembangkan potensi pendidikan, seperti membangun pesantren tanpa campur tangan pemerintah.

Namun, negatifnya, terjadi liberalisasi di bidang , akhlak dan nilai moral, itulah yang harus dikritisi, ujarnya.

“Umat Islam harus lebih kuat lagi, bukan lagi mengisi tapi mencari bentuk sistem pendidikan Islam yang ideal,” lanjutnya.

Ia menambahkan, kunci utama untuk mendidik anak pada jaman sekarang adalah mendidik diri sendiri untuk kebangkitan umat.

Sementara, Erma Pawitasari, Ketua TIM Jurnal Pascasarjana UIKA Bogor, menyebutkan, wanita memerlukan pendidikan kognitif, seperti ilmu waris, zakat, memiliki hafalan, dan persiapan menempati pos-pos fardu kifayah, seperti, bidan, guru dan lainya. (L/P005/nda/P4)

Miraj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.