Pemberontak Yaman Tahan Lebih dari 40 Pekerja Media

(Foto: File/Naharnet)

Sanaa, MINA – Pemberontak yang menguasai sepenuhnya ibu kota Sanaa selama sepekan terakhir telah menahan lebih dari 40 pekerja , kata beberapa pengawas pers pada hari Rabu (6/12) yang menuntut pembebasan mereka secepatnya.

Mereka termasuk staf Yemen Today – sebuah saluran televisi yang berafiliasi dengan mantan presiden Ali Abdullah , yang terbunuh pada hari Senin oleh .

Pemberontak Houthi menguasai kantor televisi Sanaa pada hari Sabtu (2/12) setelah menyerangnya dengan granat berpeluncur roket dan melukai tiga penjaga, kata Reporters Without Borders (RSF).

“Penyanderaan ini merupakan tindakan permusuhan di Yaman terhadap , yang sering menjadi sasaran dalam konflik ini,” kata Alexandra El Khazen dari RSF yang dilaporkan Naharnet dan dikutip MINA.

Seorang juru bicara Komite Perlindungan Wartawan meminta para jurnalis dibebaskan secepatnya. Ia mengatakan, serangan Houthi terhadap Yaman hari ini “menunjukkan penghinaan yang mendalam terhadap kebebasan pers”.

Saleh yang memerintah Yaman selama tiga dekade, telah bergabung dengan kelompok Houth pada tahun 2014 ketika mereka menguasai sebagian besar negara tersebut, termasuk ibu kota.

Namun aliansi tersebut terpecah dalam sepekan terakhir saat mantan pemimpin tersebut melunak terhadap koalisi pimpinan-Saudi yang telah melakukan serangan udara melawan Houthis sejak Maret 2015.

Sedikitnya 234 orang tewas dalam pertempuran antara Houthi dengan pendukung Saleh dalam sepekan terakhir, menurut Komite Internasional Palang Merah.

Seorang pejabat Kongres Rakyat Umum (GPC) pimpinan Saleh mengatakan, beberapa staf yang ditahan telah dipindahkan ke penjara sementara yang lain masih ditahan di kantor televisi.

“Orang-orang Houthi memberikan tekanan pada mereka untuk mengubah liputannya, untuk mengeluarkan pernyataan tertentu dan melaporkan tentang pengkhianatan mantan presiden Saleh dan menuduhnya bekerja untuk koalisi Arab. Tapi wartawan menolak melakukannya,” kata pejabat tersebut.

Organisasi wartawan Yaman yang berbasis di Sanaa mengatakan, orang-orang Houthi memasang nama-nama pekerja media yang mereka anggap bermusuhan di pos-pos pemeriksaan di sekitar ibu kota. (T/B05/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.