PEMBICARAAN ISU KEMANUSIAAN ARAKAN NYARIS TANPA HASIL

Naypyedaw, 16 Rajab 1435/15 Mei 2014 (MINA) – Putaran terakhir pembicaraan untuk memulihkan akses kemanusiaan di negara bagian yang diselenggarakan pada 8 Mei di Sittwe antara Kementerian , Pusat Darurat Koordinasi (ECC), badan-badan PBB dan LSM dinilai tidak menghasilkan kemajuan  nyata.
Than Tun, seorang tokoh masyarakat Arakan Buddha lokal dan anggota ECC, mengatakan kepada media lokal Democratic Voice of Burma dan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) bahwa ia menentang bantuan lebih lanjut untuk meningkatkan kapasitas rumah sakit yang ada di kamp Dar Paing bagi para pengungsi internal (IDP) dekat Sittwe, salah satu yang terbesar di kota itu.
“Kami melihat bahwa kamp-kamp pengungsi di sini hanya sementara, sehingga rumah sakit mereka juga harus bersifat sementara dan tidak perlu permanen,” katanya. “Kami khawatir bahwa memberikan [pengungsi] rumah sakit permanen akan menyiratkan  mereka memiliki status permanen untuk tinggal di sini.”
Than Tun sangat khawatir, karena hal itu mengindikasikan ECC menjadi platform bagi nasionalis Arakan untuk menunjukkan keengganan  kedua LSM internasional dan pemerintah bersatu jauh dari tugas aslinya sebagai forum apolitis untuk koordinasi kemanusiaan.
ECC saat ini tidak memiliki kekuatan untuk menolak tawaran bantuan dalam dirinya sendiri, sebagai kegiatan organisasi kemanusiaan di Myanmar didefinisikan melalui nota kesepakatan antara mereka dan perkumpulan tingkat kementerian.
Pada Konferensi Nasional Arakan yang diadakan pada akhir April, kelompok nasionalis Arakan meminta LSM internasional untuk memberikan bantuan adil dan “seimbang” antara umat Buddha dan Muslim Rohingya Arakan.
Contoh yang paling menonjol dari dinamika permainan politik adalah pengusiran Médecins Sans Frontières Utara (MSF) dari Arakan pada awal Maret. Organisasi penyedia layanan kesehatan utama untuk ratusan ribu orang yang membutuhkan, terutama Muslim Rohingya, di seluruh negara bagian, dan Departemen Kesehatan  berjanji untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan atas keberangkatan kesehatan mereka. Tapi responnya sejauh ini tidak memadai, dengan obat-obatan dasar dan bantuan nutrisi sedikit, dan dengan beberapa profesional kesehatan yang memberikan perawatan.
AKibat mobilitas yang minim dan menggantungnya status mereka yang masih belum jelas, penduduk Dar Paing dan kamp-kamp pengungsi lainnya terkadang memilih tempat lain untuk bernaungi. Ribuan membutuhkan kesehatan dasar, makanan dan sanitasi. Banyak tawaran bantuan dari badan-badan PBB dan LSM namun ditolak oleh otoritas Myanmar sehingga bantuan untuk para pengungsi di Arakan utara semakin minim.
Musim hujan yang baru mulai, mestinya menjadi perhatian penting bagi pemerintah Arakan. “Prioritas utama saat ini adalah untuk melanjutkan mekanisme bantuan kemanusiaan sebelum turun hujan, secepat mungkin, “kata juru bicara PBB Aye Win . Dia melanjutkan “Kami belajar kondisi kesehatan di kamp-kamp pengungsian untuk kedua komunitas itu sangat mengerikan di beberapa daerah, dan kami sedang bekerja untuk melanjutkan pekerjaan bantuan.”
Meskipun intrik politik yang terjadi di belakang layar, Dr Liviu Vedrasco, koordinator Health Cluster untuk Organisasi Kesehatan Dunia di Myanmar, mengatakan bahwa Departemen Kesehatan telah setuju untuk bekerja sama. “Situasi ini tidak ideal, tetapi tawaran bantuan telah diterima. Ada hampir 100 tenaga medis yang membentuk tim bersama yang di tempatkan di kamp IDP, tapi mungkin tidak sesering dulu mereka digunakan”, katanya.
Sebagian besar warga Etnis Muslim Rohingya menghadapi krisis kesehatan yang cukup parah setelah pemerintah mengusir Bantuan Kesehatan Internasional (MSF) di kabupaten Maungdaw dan Buthidaung, demikian seorang relawan dokter desa Maungdaw bernama Nurul melaporkan.
“Sebagian besar orang-orang termasuk perempuan dan anak embutuhkan perawatan kesehatan karena menderita berbagai penyakit diantaranya demam, cacar air, diare, penyakit kulit, tuberkulosis (TBC), dan lain-lain, tutur Nurul.
Kondisi cuaca di tahun ini lebih panas dari tahun sebelumnya sehingga  para penduduk desa terutama orang tua dan anak-anak sering menderita penyakit panas dan kulit, kata Noor,  petugas desa Maungdaw Selatan.
Sebagian besar penduduk desa Rohingya dari daerah pedesaan Maungdaw dan Buthidaung, menghadapi kurangnya perawatan kesehatan karena mereka bergantung pada layanan INGO-MSF yang dilarang oleh pemerintah. Untuk itu ia berharap agar  relawan kelompok tersebut diaktifkan kembali untuk memberikan layanan kesehatan bagi komunitas Rohingya, kata Nurul.
Uddin, ayah dari seorang pasien dari Aley Dari Kyaw mengatakan, “Putriku telah menderita demam dan cacar air sejak 20 April, tapi dia tidak mendapatkan perawatan yang disediakan oleh pemerintah, sementara saya tidak dapat pergi ke Maungdaw untuk pengobatan untuk anak saya karena saya miskin. ” Ketika MSF bekerja untuk orang-orang di Maungdaw selatan, kami mendapat pengobatan yang tepat. Sekarang, kita menghadapi banyak kesulitan dan banyak pasien yang tidak mendapat pengobatan, tambah Uddin.
Menurut penduduk desa, Rohingya tidak mendapatkan pengobatan dari pusat kesehatan pemerintah karena dokter Puskesmas sebagian besar diperuntukkan bagi masyarakat Rakhines,  dan tidak memperhatikan pasien Rohingya.
MSF dilarang untuk melakukan program layanan kesehatan di kabupaten Maungdaw oleh otoritas setempat termasuk untuk memberikan pengobatan pada 22 warga etnis Rohingya yang terluka akibat pemukulan dan serangan menggunakan pisau dalam aksi genosida baru-baru ini yang berlangsung  di desa Du Chee Yar Tan di Kota Maungdaw pada 09-13 Januari yang menewaskan sedikitnya 80 orang.
Polisi pemerintah, aparat keamanan, Nasaka, Lon Htin, tentara dan anggota “969” dari organisasi ekstrimis Budha terlibat langsung dalam pembunuhan, pemerkosaan, penyiksaan Muslim dan membakar dan menjarah desa-desa mereka, kata Nurul Islam, Ketua ARNO di Konferensi London pada “Dasawarsa Penganiayaan dan Perusakan Myanmar Rohingya” yang diselenggarakan pada 28 April di Sekolah Ekonomi London.(T/P08/EO2)
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Admin

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0