Pemerintah Prediksi 193,6 Juta Orang akan Mudik pada Idul Fitri Ini

Kemacetan di jalan tol (foto: Jasamarga)

Jakarta, MINA – Badan Kebijakan Transportasi (BKT) memprediksi jumlah pemudik pada Idul Fitri 1445 diprediksi mencapai 193,6 juta orang atau 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Sementara untuk daerah tujuan terbanyak saat libur Lebaran nanti adalah Jawa Tengah 61,6 juta orang; Jawa Timur 36,7 juta orang; Jawa Barat 32,1 juta orang; DIY 11,7 juta orang; dan DKI Jakarta 6,4 juta orang.

Dalam rengka mengantisipasi hal itu, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi memetakan setidaknya ada tiga tempat yang akan menjadi titik kemacetan saat libur tersebut.

Ketiga tempat tersebut adalah di tol Cipali, Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ketapang,” kata Budi dalam jumpa pers daring, Ahad (17/3).

Selain itu, penyebab titik-titik lainnya adalah U-turn dan rest area. Kemudian bottleneck di kilometer 87 yang seringkali membuat masyarakat tidak sabar akan macet.

Sementara untuk titik-titik macet di arteri di jalur Pantura, Korlantas Polri sudah siapkan beberapa cara bertindak, mulai dari contraflow, berkoordinasi dengan lembaga terkait lintasan sebidang hingga mengawasi jalur-jalur yang rawan terkena bencana.

Kemenhub memastikan, persiapan menghadapi mudik lebaran tahun ini dilakukan secara operasional dan melalui kebijakan dalam pengendalian ptengaturan, transportasi, serta penanganan secara komprehensif bersama instansi terkait.

Sementara itu, Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan menambahkan, akan ada satu titik kemacetan saat mudik lebaran nanti, yakni di Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau disingkat Tol Cisumdawu yang menghubungkan daerah Bandung, Sumedang, dan Majalengka. (R/P2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.