Pemilu Rusia, Presiden Putin Dipastikan Menang Mudah

. (Foto: ZyCrypto)

Moskow, MINA – Presiden Vladimir Putin dipastikan menang mudah dalam pemilihan presiden hari Ahad (18/3) dengan meraih 75 persen suara dalam perhitungan sementara.

Putin akan kembali menempati posisinya untuk masa jabatan enam tahun ke depan sebagai pemimpin Rusia.

Kandidat Partai Komunis Pavel Grudinin berada di posisi kedua dengan 13 persen suara, diikuti oleh Vladimir Zhirinovsky dari nasionalis dengan 6 persen, demikian Al Jazeera melaporkan.

Hasil suara yang dihitung oleh Komisi Pemilu Pusat sudah 59,5 persen dari semua suara.

Putin berbicara kepada ribuan orang di Lapangan Manezhnaya dekat Kremlin dengan sebuah pidato singkat, berterima kasih kepada para pendukungnya atas hasil pemilihan.

“Saya melihat minimal pengakuan untuk apa yang saya lakukan di tahun lalu dalam keadaan yang sangat rumit. Saya melihat kepercayaan ini dan berharap bahwa kita akan terus bekerja dengan intens dan bertanggung jawab,” kata Putin.

“Kita harus mempertahankan persatuan ini, sangat penting untuk menarik semua orang yang memilih kandidat lain ke sisi saya, kita membutuhkan persatuan untuk bergerak maju,” tambahnya.

Putin telah menjadi Presiden Rusia sejak 7 Mei 2012. Putin sebelumnya menjadi Perdana Menteri dari 1999 sampai 2000, Presiden dari 2000 sampai 2008, dan kembali menjadi Perdana Menteri dari 2008 sampai 2012.

Pada masa jabatan keduanya sebagai Perdana Menteri, ia menjadi Ketua Partai Rusia Bersatu, sebuah partai pemerintah.

Pada September 2011, setelah masa jabatan presiden berlangsung dari empat sampai enam tahun, Putin mengumumkan bahwa ia akan siap untuk masa jabatannya sebagai presiden. Ia memenangkan pemilihan presiden Maret 2012 dengan 64% suara. (T/RI-1/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.