Pemilu Sela AS: Demokrat Tetap Kendalikan Senat, Cortez Masto Menang di Nevada

Catherine Cortez Masto calon senat perwakilan Negara Bagian Nevada dari Partai Demokrat. (SS NBC News)

Washington, MINA – Partai Demokrat  mempertahankan kendali atas Senat Amerika Serikat setelah memenangkan Pemilu Sela yang diperebutkan secara ketat di Negara Bagian Nevada.

Al Jazeera melaporkan, Senator Demokrat Catherine Cortez Masto sebagai pemenang di negara bagian barat itu pada Sabtu malam (12/11).

Kemenangannya atas penantang Partai Republik Adam Laxalt – yang telah didukung oleh mantan Presiden Donald Trump – memberi Demokrat 50 kursi yang mereka butuhkan untuk mayoritas yang efektif di badan beranggotakan 100 orang tersebut yang dipimpin oleh Wakil Presiden Kamala Harris.

Sementara itu masih belum jelas partai mana yang akan mengendalikan Dewan Perwakilan Rakyat (Kongres) karena penghitungan terus berlangsung dalam persaingan ketat di California dan beberapa negara bagian lain. Ini bisa memakan waktu beberapa hari atau lebih, sebelum hasil akhir pemilihan DPR diketahui untuk menentukan  partai mana jadi mayoritas di lembaga beranggotakan  435 kursi itu.

Sementara mayoritas Demokrat di Senat memastikan proses yang lebih lancar untuk usulan-usulan Presiden Biden seperti penunjukan kabinet dan pemilihan badan yudisial, termasuk Mahkamah Agung.

Di lain fihak, jika memenangkan mayoritas Kongres, Partai Republik  juga akan tetap bisa mengontrol dan memiliki kekuatan untuk melakukan penyelidikan atau pengawasan terhadap pemerintahan Biden, dan dapat menolak undang-undang yang dikirim.

Biden, yang berada di Kamboja untuk menghadiri pertemuan puncak para pemimpin Asia Tenggara (ASEAN), mengatakan, dia merasa “senang dengan posisi kita sekarang”.

“Sekali lagi, saya tidak terkejut dengan jumlah pemilih. Saya sangat senang,” katanya kepada wartawan. “Dan saya pikir itu adalah cerminan dari kualitas kandidat kami.” (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.