Pemimpin Negara-Negara IORA Tandatangani Jakarta Concord

Foto: Kemlu
Foto: Kemlu

Jakarta, 8 Jumadil Akhir 1438/ 7 Maret 2017 (MINA) – Para pemimpin negara dan wakil dari 21 negara anggota IORA (Indian Ocean Rim Association) menandatangani Jakarta Concord pada IORA Leaders’ Summit di Jakarta Convention Centre (JCC) Selasa (7/3).

Berdasarkan keterangan pers Kemlu RI, dokumen yang berjudul “Promoting Regional Cooperation for a Peaceful, Stable, and Prosperous Indian Ocean” ini bertujuan meletakkan fondasi dan menentukan arah kerja sama organisasi negara-negara Samudera Hindia tersebut di tahun-tahun mendatang.

Dalam dokumen tersebut, para anggota menyatakan komitmen untuk membangun Samudera Hindia yang damai, stabil, dan makmur melalui kerja sama di berbagai bidang dengan beberapa prioritas yaitu promosi keamanan maritim, meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi, mempromosikan pengelolaan dan pengembangan perikanan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, meningkatkan pengelolaan risiko bencana, memperkuat kerja sama akademis dan iptek, mendorong pariwisata dan pertukaran budaya, Blue Economy, dan pemberdayaan peran wanita dalam ekonomi.

Pada sesi pembukan Selasa pagi, Presiden menegaskan Samudera Hindia sebagai kawasan masa depan. “Dulu Samudera Atlantik menjadi pusat dunia dalam 30 tahun terakhir berpusat di Pasifik dan percaya Samudera Hindia di ambang keperkasaan.”

Presiden mengingatkan, memang masing-masing negara akan memajukan kepentingan nasionalnya. Namun, nasionalisme tidak akan dapat hidup subur tanpa adanya taman sari internasionalisme.

Kehadiran, para pemimpin dan wakil negara-negara IORA dalam Leaders’ Summit ini menunjukkan komitmen kuat kerja sama internasional untu mencari berbagai solusi dan memanfaatkan peluang.

Menlu Retno L.P. Marsudi mengatakan, guna mengimplementasikan berbagai prioritas yang terkandung di dalam Jakarta Concord, negara-negara IORA juga telah menyetujui sebuah Action Plan (Rencana Aksi) 2017-2021 yang menjabarkan rencana kegiatan terkait prioritas-prioritas tersebut untuk tahun-tahun mendatang dan terdiri dari inisiatif-inisiatif jangka pendek, menegah, dan panjang.

Selain penandatanganan Jakarta Concord, negara-negara IORA juga menyetujui sebuah deklarasi tentang “Preventing and Countering Terrorism and Violent Extremism”.

Deklarasi ini menguatkan komitmen kerja sama dalam melawan ancaman terorisme dan ekstrimisme kekerasan, antara lain melalui kerja sama dan koordinasi, dialog, pertukaran informasi, praktek-praktek terbaik serta melawan ideology terorisme dan ekstrimisme.

Negara-negara juga akan menyebarkan nilai-nilai positif seperti toleransi dan keanekaragaman sebagai norma pergaulan di kawasan.

Negara-negara IORA terdiri dari Australia, Bangladesh, Komoros, India, Indonesia, Iran, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Mauritius, Mozambik, Oman, Seychelles, Singapura, Somalia, Afrika Selatan, Sri Lanka, Tanzania, Thailand, Uni Emirat Arab dan Yaman. Sedangkan Inggris, Perancis, Jerman, AS, Mesir, Jepang dan RRT adalah Negara mitra IORA.(T/R04/RS1)
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.